Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITS Dianugerahi Dua Penghargaan di Tiongkok
Mahasiswa-ITS-dianugerahi-penghargaan-di-Tiongkok
Mahasiswa ITS dianugerahi dua penghargaan di Tiongkok (foto: ITS)

Mahasiswa ITS Dianugerahi Dua Penghargaan di Tiongkok

Edupost.id – Mahasiswa ITS, Misbahul Munir dianugerahi dua penghargaan di ajang International Student Conference on Environment and Sustainability (ISCES) 2016. Acara yang digelar di Shanghai, Tiongkok ini diadakan United Nations Environment Program (UNEP), lembaga di bawah PBB yang menangani permasalahan lingkungan.

UNEP bekerjasama dengan Institute of Environment and Sustainable Development (IESD) di Uniersitas Tongji. Adapun dua penghargaan yang diperoleh Misbah yakni peringkat dua paper terbaik dan peringkat tiga presentasi terbaik untuk kategori ecosystem and wildlife.

Ia mengusung ide mengenai energi terbarukan, yaitu memanen listrik dari tanaman padi menggunakan konsep plant-microbial fuel cell (PMFC).

Misbah menyebutkan, banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia yang belum teraliri listrik. Namun, di sisi lain hampir di setiap daerah terpencil tersebut memiliki lahan pertanian padi yang luas. ”Apabila kita bisa menerapkan PMFC ke lahan pertanian padi, kita tidak perlu berkompetisi dengan komoditas pangan untuk mendapatkan energi,” ungkapnya.

Tahun ini ISCES kembali mengupas tuntas permasalahan lingkungan dalam skala global. Mulai dari perubahan iklim, energi baru dan terbarukan, produksi dan konsumsi berkelanjutan, gaya hidup hijau, ekologi perkotaan, hingga membahas mengenai kota hijau.

ISCES juga mengajak pesertanya berkeliling Shanghai untuk menyaksikan langsung perkembangan kota hijau yang tengah digeluti oleh kota paling maju di negara berpenduduk terpadat di dunia ini. (ITS/ IK-SS)

Check Also

Olimpiade Fisika Nasional SMA Berhadiah Rp 17,5 Juta

Edupost.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya akan menggelar Engineering …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *