Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa ITS Kembangkan SMAGER, Charger Inovatif

Mahasiswa ITS Kembangkan SMAGER, Charger Inovatif

SURABAYA – Penggunaan gadget yang tinggi membuat kebutuhan akan sumber energi listrik atau alat seperti charger menjadi besar. Karena itu, tim mahasiswa ITS menciptakan charger inovatif yang dinamai Smart Gadget Charger (SMAGER). Temuan tim ini berupa alat pemanen listrik inovatif dengan memanfaatkan sumber frekuensi radio.

Berkat inovasi tersebut, tim ini meraih juara tiga dalam Pekan Ilmiah Nasional ke-28 pada Oktober lalu. Nur Fadhilah, ketua tim, yang akrab disapa Dhila ini menyampaikan, para pecinta gadget sudah mulai memanfaatkan power bank tapi alat tersebut beresiko mengeluarkan radiasi pengganggu gelombang lain.

Hal itulah yang mendorong Dhila dan timnya menciptakan SMAGER. Menurutnya, alat ini dibuat untuk aplikasi pada gadget dengan menggunakan selector frekuensi berbasiskan AVR Microcontroller ATtiny13.

Dhila memaparkan, cara kerja alat ini yaitu dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik dari lingkungan, dari sambungan wireless maupun dari frekuensi radio. Ia menambahkan, elektromagnet yang berasal dari luar akan diserap oleh antena. Setelah itu disambungkan pada suatu rangkaian lain, yakni tabung berbentuk charger. Selanjutnya tabung berbentuk charger dihubungkan dengan gadget melalui port tanpa harus dicolokkan ke listrik.

Ia mengaku, dalam pembuatan SMAGER, timnya menemui beberapa kendala. Salah satunya adalah ketersediaan material penyusun SMAGER. Timnya bahkan harus membeli ke Cina. Hal inilah yang akhirnya membuat proses pembuatan SMAGER terbilang cukup lama. Walaupun demikian, produk buatan tim ini merupakan temuan baru di Indonesia sehingga menjadi peluang besar untuk dikembangkan. (ITS/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *