Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa KKN Internasional Kembangkan Kawasan Wisata Bantul
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Mahasiswa KKN Internasional Kembangkan Kawasan Wisata Bantul

Edupost.id – Sebanyak 66 mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional (learning express) di Bantul pada 10-21 September. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini bertindak sebagai tuan rumah. Selain UMY, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Singapore Polytechnic (SP) dan Kanazawa Institute of Technology, Jepang.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Sukamta, mengatakan, program tersebut akan melakukan kegiatan lapangan di daerah Dlingo, Bantul. Yaitu di daerah Kebosungu untuk isu pariwisata, Pakis untuk isu manajemen limbah kerajinan kayu, dan Koripan untuk produksi Emping Garut.

“Program ini serupa dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bentuk community service yang kita miliki. Ada 3 kawasan yang kami bidik untuk para peserta KKN yaitu kawasan parawisata seperti Dlingo, Kebosungu, dan Pakis terkait manajemen limbah kerajinan kayu serta Koripan untuk produksi Emping Garut,” ujar Sukamta

Menurutnya, agenda ini akan mampu meningkatkan kualitas setiap instansi yang terlibat. Tahun ini merupakan kali kesepuluh Learning Express diadakan sejak pertama kali diadakan pada maret 2013 lalu.

Sukamta menambahkan kegiatan learning expres ini akan terus belanjut mengingat para peserta sangat antusias ketika mengkuti program-program kemasyarakatan. Karena masyarakat merasa terbantu dengan ide-ide yang diberikan oleh para peserta.

“Ide-ide yang muncul sangat berpengaruh terhadap perkembagan lokasi wisata. Contoh saja di kawasan wisata Kebosungu peserta KKN mengembangkan spot foto, petunjuk arah, dan peta lokasi wisata. Ide-ide seperti inilah yang diharapkan bisa meningkatkan pelayanan serta para wisatawan akan banyak berkunjung.

Sukamta menambahkan, tidak hanya pengelola tempat wisata yang diuntungkan, tetapi juga para peserta. Mereka akan bisa menambah pemahaman dan pengalaman baru, serta bisa langsung beradaptasi dengan masyarakat. Untuk itu, pihaknya berencana agar daerah-daerah yang dibidik menjadi lokasi KKN dapat dijadikan pusat binaan UMY. (Andi)

Check Also

Aktif Organisasi, Rizal Dilamar Jadi Sekjend AYIMUN

Aktif Organisasi, Rizal Dilamar Jadi Sekjend AYIMUN

Edupost. id – Muhammad Rizal Saanun, mahasiswa angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini berhasil mencatatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *