Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Desa Wisata Hijau Girikerto
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Desa Wisata Hijau Girikerto

Edupost.id – Tahun ini, UGM memberangkatkan 5.813 mahasiswa KKN-PPM ke berbagai daerah di Indonesia, 23 diantaranya melaksanakan pengabdian di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Mereka akan membuat Desa Wisata Hijau Girikerto (DeWiGiri) untuk meningkatkan potensi yang dimiliki.

Selama kurang lebih 47 hari mahasiswa berbaur bersama masyarakat setempat untuk meningkatkan potensi desa Girikerto. Di sana terdapat beberapa sumber mata air selain keragaman fauna dan flora yang masih terjaga. Ditambah pemandangan hamparan kebun teh dan pepohonan. Potensi alam itu yang coba dikembangkan mahasiswa KKN-PPM UGM.

“Kami memang menginstruksikan mahasiswa untuk fokus melindungi sumber daya alam di Girikerto,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan KKN Girikerto, Atus Syahbudin.

Bekerjasama dengan BAPPEDA Ngawi, KKN PPM UGM telah melakukan langkah strategis untuk merealisasikan potensi wisata tersebut. Tahun depan diharapkan akan segera terwujud dalam bentuk rumah produksi cindera mata, wahana air dan wahana panjat tebing.

Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai lingkungan melalui optimalisasi meseum hayati desa, sekolah hijau dan arisan pohon asli.

Camat Sine,Teguh menyampaikan harapannya, semoga dengan adanya kegiatan KKN-PPM UGM dapat mengoptimalkan potensi dan kekayaan Desa Girikerto. “Saya berharap kegiatan KKN yang berdampak positif dapat diberikan ke daerah-daerah lain untuk pengembangan potensi desa,” terangnya. (UGM/ IK-SS)

Check Also

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap melakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *