Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa KKN Undip Kembangkan Limbah Kopi untuk Pakan Ternak

Mahasiswa KKN Undip Kembangkan Limbah Kopi untuk Pakan Ternak

SEMARANG – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) memanfaatkan limbah kulit kopi menjadi konsentrat untuk diolah jadi pakan ternak. Para mahasiswa mensosialisasikan terobosan itu kepada masyarakat di Desa Karangseneng, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung.

Para mahasiswa ini terinspirasi pembuatan konsentrat dari banyaknya limbah kopi di masyarakat yang kurang dimanfaatkan. “Masyarakat hanya membakar begitu saja atau dijual ke tengkulak untuk dibawa ke kita dan dijadikan konsentrat”, tutur Rizky Fauziah mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian.

Pembuatan konsentrat ini cukup sederhana yakni dengan menyampurkan kulit kopi kering, bekatul dan gram krosok dengan komposisi 30:65:5. “Konsentrat ini juga sudah dicobakan ke  ternak di beberapa kelompok ternak di desa sekitar dan hasilnya ternak menyukainya” terangnya.

Sosialisasi begitu interaktif dengan hadirnnya Para Gabungan kelompok ternak Dari beberap desa disekitr kecamatan Gemawang, juga hadir Ibu-Ibu PKK Karena selain sosialisasi pembuatan konsentrat juga ada simulasi pmbuatan kreasi rasa pembuatan telur asin.

Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat kecamatan Gemawang selaku wakil dari kecamatan menuturkan bahwa kehadiran mahasiswa KKN yang disebar di desa desa ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Kecamatan Gemawang ini termasuk Daerah yang masih bisa dibilang terpelosok dibanding desa yang lain, sehingga Sumber Daya Manusianya masih butuh banyak pengarahan dan bimbingan untuk mengembangkan potensinya” jelasnya.

Slamet juga berharap, kegiatan KKN ini bisa lebih lama sehingga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Gemawang. (UGM/IK-SS)

Check Also

Menghardik Anak “Nakal” dapat Membuatnya Takut

Edupost.ID- Saat kekesalan sudah memuncak, tidak jarang orang tua menghardik anak dengan mengatakan, “Anak Nakal” …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *