Senin , 5 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Perlu Bangun Suara Aktivisme
Mahasiswa Perlu Bangun Suara Aktivisme Kembali
Mahasiswa Perlu Bangun Suara Aktivisme Kembali (foto: UII)

Mahasiswa Perlu Bangun Suara Aktivisme

Edupost.id- Mahasiswa lebih memilih fokus untuk menyelesaikan kewajiban akademik yang merupakan tuntutan perkuliahan. Padahal di sisi lain mahasiswa juga memiliki peran sosial di masyarakat dan kampus. Untuk menjalankan kedua peran itu secara bersamaan, kini menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan mahasiswa. Sikap kritis dan kepedulian mahasiswa dalam merespon permasalahan yang terjadi di sekitarnya pun semakin berkurang. Oleh karena itu, suara kritis mahasiswa itu perlu kembali dibangun dengan menggalakkan diskusi dan kegiatan positif lainnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Erwin Suryoprayogo selaku Ketua Klinik Advokasi dan HAM, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII terkait dengan penyelenggaraan diskusi yang digelar di pelataran Auditorium Kahar Muzakkir. Diskusi yang mengangkat tema tentang perjuangan aktivis mahasiswa UII “Slamet Saroyo” itu dihadiri oleh kalangan penggerak kegiatan mahasiswa UII dari berbagai unsur dan lembaga.

Ditambahkan Erwin Suryoprayogo, penyelenggaraan diskusi juga bertujuan agar para peserta dapat meneladani semangat aktivisme mahasiswa yang dulu juga pernah disuarakan oleh Slamet Saroyo. “Mahasiswa saat ini juga diharapkan memiliki semangat kritis sekaligus semangat kemanusiaan sehingga dapat memberi manfaat bagi lingkungan di sekitarnya”, ujarnya.

Diskusi yang berlangsung dari sore hingga petang itu juga dihadiri oleh para alumni UII yang ketika berkuliah pernah aktif dalam lembaga kemahasiswaan kampus. Para pembicara yang menjadi narasumber diskusi ini, antara lain Bambang Irawan (Ketua Badan Permusyawaratan Mahasiswa FTI UII periode 90-an), Erwin Muslimin (Ketua DPM UII periode 1987-1988), dan Hasan Joeffris (Ketua Senat FH UII periode 1985-1987). (UII/Inan)

Check Also

Universitas Islam Indonesia (UII)

Mahasiswa UII Kembangkan Aplikasi Peringatan Demam Berdarah

Edupost.id – Banyaknya jumlah penderita demam berdarah mendorong Billy Sabella, mahasiswa Magister Teknik Informatika UII, mengembangkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *