Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ajak Masyarakat Tukar Rokok dengan Susu

Mahasiswa UGM Ajak Masyarakat Tukar Rokok dengan Susu

Edupost.ID – Lebih dari 200 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi dan Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), bersama-sama menggelar aksi damai memperingati Hari Anti Tembakau Internasional atau World No Tobacco Day (WNTD) dan Hari Susu Nusantara (HSN), Minggu (31/5/2015). Mereka mengajak masyarakat untuk menukarkan sebatang rokok mereka dengan segelas susu.

Mereka membagi-bagikan 800 gelas susu kepada masyarakat. Bima, koordinator HSN UGM mengatakan, bahwa sebelumnya mereka telah membagikan lebih dari 4000 susu di fakultas-fakultas di UGM dalam acara roadshow fakultas. “Kami berkonvoi start dari bunderan UGM, ke Jalan Cik Di Tiro, Jalan Jendral Sudirman, membagi-bagikan susu kepada pengguna jalan dan masyarakat, khususnya merokok. Ketika ada perokok, kami himbau mereka untuk mematikan rokoknya dan menukarnya dengan susu yang kami sediakan,” ujar Bima.

Bima menambahkan, melalui aksi ini mereka ingin menyadarkan masyarakat akan gizi yang masih kurang di Indonesia, terutama konsumsi susu. Bima berharap, pemerintah dapat mengupayakan realisasi swasembada susu agar mencapai 50% untuk tahun 2020, dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Di Indonesia, masyarakat mengkonsumsi susu hanya kurang lebih 11 liter per kapita per tahun, Malaysia bahkan 50 liter per kapita per tahun, Amerika lebih 100 liter per kapita per tahun. Jika hanya 11 liter per tahun, itu artinya, rakyat Indonesia hanya dikasih satu tetes susu per hari,” ujar Bima.

Sementara, Yana Bintoro, Koordinator acara World No Tobacco Day, Hari Anti Rokok Sedunia di UGM, menegaskan bahwa aksi ini adalah bagian dari aksi global yang diinisiasi dari WHO untuk merayakan hari anti tembakau. Tujuannya mengingatkan kepada masyarakat untuk sadar dan paham akan budaya merokok yang sangat membahayakan kesehatan dan merugikan secara ekonomi. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *