Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Amankan Sepeda dengan Si Asep

Mahasiswa UGM Amankan Sepeda dengan Si Asep

Edupost.ID- Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi sebuah alat pengaman sepeda. Sistem keamanan yang dilengkapi dengan ‘smart card’ ini diberi nama Si Asep. Tim mahasiswa yang berasal dari program studi Elektronika dan Instrumentasi Fakultas MIPA ini terdiri dari Fahmi Yukha Syifaudin, Kristiawan Devianto, Faisal Fajri, Fatimah Tri W, serta Sri Susanti.

Fahmi menyebutkan, sistem keamanan yang mereka kembangkan dapat melihat ID dari pemilik sepeda dan menyimpannya dalam database alat tersebut. Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa mengambil sepeda tersebut tanpa ijin dari pemiliknya. “Hanya pemilik sepeda dengan smart card-nya yang dapat mengunci kemudian membuka alat pengunci ini,” tuturnya.

Alat pengaman Si Asep ini ditempatkan pada tempat umum sehingga bisa digunakan oleh semua orang yang mempunyai sepeda dan smart card seperti eKTP atau KTM. Namun demikian, saat sepeda sudah dikunci dengan smart card pada alat Si Asep, sepeda tersebut hanya bisa dibuka dengan smart card yang sebelumnya dipakai untuk mengunci.

Sistem keamanan sepeda bekerja saat sepeda diletakan di dalam pengaman. Saat pengguna mendekatkan smart card ke alat tersebut, maka Si Asep akan membaca data yang tersimpan dalam smart card dan menjadikannya sebagai pengunci alat.

Pengguna alat ini memasukan nomor ponsel ke alat ini, kemudian alat akan mengunci sepeda pada bagian frame dengan silinder besi yang digerakkan oleh servo dan dikunci dengan kunci magnetik. Pada bagian silinder pengunci ditempatkan konduktor yang berfungsi sebagai sensor jika pengunci dibuka paksa tanpa mekanisme smart card.

“Jika terjadi pembobolan alat atau mekanisme penguncian maka alat akan menghidupkan sistem alarm dan  mengirim sms ke pemilik sepeda bahwa sepeda dalam keadaan bahaya,” terangnya. (UGM/IK-SS)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *