Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Bersiap Ekspedisi ke Kepulauan Sangihe
mahasiswa ugm-siap-ekspedisi-kepulauan sangihe
Mahasiswa UGM bersiap ekspedisi di Kepulauan Sangihe

Mahasiswa UGM Bersiap Ekspedisi ke Kepulauan Sangihe

Edupost.id – Tim mahasiswa Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Gadjah Mada (UGM) akan melakukan ekspedisi penelitian di perairan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Ekspedisi yang mengusung tema “UGM Maritime Expedition 2017” itu akan dilaksanakan pada 20-30 April mendatang.

Ketua Tim Ekspedisi, Fuad Anshori menyampaikan, ekspedisi ini merupakan kegiatan penelitian arkeologi bawah air yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Arkeologi UGM. Kegiatan dilakukan untuk mengungkap potensi sejarah budaya maritim Sangihe dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan memperkuat identitas daerah Sangihe, serta memperkaya khazanah sejarah maritim Indonesia.

“Saat perang pasifik pada perang dunia II, Sangihe menjadi area pertempuran antara Jepang dengan sekutu sehingga potensi tinggalan sejarah budaya maritim di Sangihe tinggi,” ungkapnya.

Sejumlah kegiatan dilakukan dalam ekspedisi ini. Ekspedisi nantinya tidak hanya akan mensurvei potensi peninggalan sejarah di perairan sekitar Teluk Tahuna, Sangihe. Namun, juga dilakukan untuk survei potensi peninggalan sejarah yang berada di daratan Kepulauan Sangihe.

“Dalam ekspedisi nantinya kami akan melakukan survei di daratan Sangihe dan penyelaman di perairan Teluk Tahuna untuk survei peninggalan kapal yang tenggelam,” terangnya.

Fuad menuturkan, dalam ekspedisi tersebut nantinya akan diikuti sebanyak 15 mahasiswa UGM meliputi 11 mahasiswa Arkeologi, 2 mahasiswa Sekolah Vokasi, 1 mahasiswa Antropologi, dan 1 mahasiswa Sejarah. Selain melakukan survei di daratan dan perairan Sangihe, mereka juga akan menggelar diskusi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. (UGM/Ani)

Check Also

Pertemun ke-6 South East Asia Network for Animal Science (SEANAS) pada 20-22 Juli 2017, Hanoi, Vietnam

Fapet UGM Tingkatkan Kurikulum Menjadi Level Dunia

Hanoi (21/7) – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah berupaya untuk meningkatkan kurikulum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *