Selasa , 12 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ciptakan Bra KPOP untuk Penderita Kanker
mahasiswa-ugm-buat-bra-untuk-penderita-kanker-payudara
Mahasiswa UGM ciptakan bra KPOP untuk penderita kanker (foto; UGM)

Mahasiswa UGM Ciptakan Bra KPOP untuk Penderita Kanker

Edupost.id, Yogyakarta – Berawal dari keinginan menolong ibunda tercinta yang baru saja operasi kanker payudara, Attika Nurul Hanniyah, mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM membuat inovasi bra. Bersama rekan-rekanya, ia mendesain bra khusus untuk penderita kanker payudara yang dinamai Bra KPOP, singkatan dari Bra Kanker Pasca Operasi Panyudara.

Untuk membuat Bra KPOP, Attika dibantu tiga orang rekannya, Ulvi Henida Setyaningsih (Fakultas Geografi), Erinda Septyaningrum (Fakultas Teknik), dan Iffa Luthfiyah (Fakultas Kedokteran).

Awalnya mereka mencoba dua kali membuat desain kutang yang sesuai dengan penderita kanker. Desain yang dikembangkan pertama setelah dicoba digunakan kepada pasien dianggap kurang nyaman dan kurang menarik. Lalu mereka mengembangkan lagi agar bisa dipakai dengan nyaman dan memperindah penampilan.

Attika menuturkan, Bra KPOP dibuat untuk menunjang penampilan pasien penderita kanker panyudara agar lebih percaya diri, nyaman dipakai dan tidak menimbulkan efek samping selama masa pemulihan pasien kanker panyudara.

Erinda menambahkan, Bra KPOP dilengkapi kantung yang bisa diisi buntalan dengan resleting di belakang. Di cup ada semacam kantong yang dapat diisi buntalan seusai dengan kebutuhan pasien.

Bra KPOP ini, lanjut Erinda, sudah diujicoba dan dipakai tujuh pasien penderita kanker payudara. Menurutnya, selama ini para pasien merasa nyaman menggunakan bra tersebut.

Iffa Luthfiyah berharap, Bra KPOP bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri para perempuan yang sudah melakukan operasi pengangkatan payudara. Terlebih, menurut hasil penelitian, sekitar 40 dari 100 ribu wanita di Indonesia menderita penyakit kanker payudara. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Mahasiswa UGM Sulap Limbah Sawit Jadi Gas Hidrogen

Mahasiswa UGM Sulap Limbah Sawit Jadi Gas Hidrogen

Edupost.id – Limbah sawit cair berupa Palm Oil Mill Effluent (POME) dari industri sawit belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *