Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi dari Strawberry
mahasiswa-ugm-ciptakan-gel-pencerah-gigi-dari-strawberry
Mahasiswa UGM ciptakan gel pencerah gigi dari strawberry (foto: UGM)

Mahasiswa UGM Ciptakan Gel Pencerah Gigi dari Strawberry

Edupost.id – Obat pencerah gigi yang dijual di pasaran banyak mengandung zat kimia yang menimbulkan efek samping. Hal ini mendorong mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan gel pencerah gigi dari bahan strawberry. Gel ini dinamai Berrybleach.

Tim mahasiswa UGM itu terdiri dari Dimar Pangestika Sari, Onni Fitriani Solikhah, Enggardini Rachma Hakim dan Eliana Kurnia Dewi memilih. Mereka menggunakan stroberi karena buah ini memiliki kandungan asam elagat yang berperan dalam proses pencerahan warna gigi. Selain itu, buah stroberi juga cukup mudah didapat dan cukup diminati karena rasanya.

Disamping stroberi sebagai bahan utama, produk ini juga menggunakan baking soda yang juga bermanfaat sebagai bahan pencerah gigi. Kombinasi stroberi dan baking soda yang bersifat amfoter ini menghasilkan gel pencerah warna gigi dengan pH netral yang diberi nama Berrybleach.

Onni menerangkan bahwa mereka mencoba mengombinasikan dan memformulasi kedua bahan itu menjadi suatu gel pencerah warna gigi dengan pH netral yang aman digunakan. Bahan pemutih gigi tidak boleh bersifat asam karena merusak jaringan keras gigi

Berdasarkan uji in vitro yang telah mereka lakukan, gel Berrybleach terbukti efektif untuk mengembalikan warna alami gigi. Tidak hanya itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa daya penetrasi Berrybleach cukup aman dan tidak merusak jaringan keras gigi.

Secara keseluruhan, pengujian menunjukkan bahwa gel ini memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk pencerah gigi komersial, namun dengan efek samping yang jauh lebih kecil.

Onni menambahkan, hasil ini setara dengan daya penetrasi gel pemutih gigi paten buatan pabrik. Efek samping yang ditimbulkan seperti kekasaran permukaan gigi pun terbukti minimal. (UGM/IK-SS)

Check Also

UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia

UGM Inisiasi Forum Dewan Guru Besar se-Indonesia

Edupost.id – Guru besar atau profesor memiliki peran khusus dalam menyebarluaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *