Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ciptakan Kompor Gas Otomatis dengan Remote

Mahasiswa UGM Ciptakan Kompor Gas Otomatis dengan Remote

YOGYAKARTA – Empat mahasiswa Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan kompor gas otomatis yang dinamai Automatic Gas Stove for Safety atau AGOS. Pengembangan Agos dimulai pada 2014 lalu dan dilatarbelakangi banyaknya kejadian kompor meledak akibat kelalaian pengguna sehingga menimbulkan korban jiwa dan harta benda.

Keempat mahasiswa itu yakni  M. Rifai, Budi Azhari, Kukuh Daud P, dan Hisyam serta Aries Budi Z (mahasiswa ELINS).

“Kita berusaha menciptakan kompor yang aman dan praktis. Memang sudah ada beberapa model kompor dipasaran yang menerapkan teknologi timer, tetapi pilihan pengaturan waktunya masih terbatas dan kurang praktis,” ujar Hisyam.

Ia menjelaskan, kompor Agos dapat dioperasikan dalam 3 pilihan mode yaitu manual, otomatis, serta menggunakan timer. Pada mode manual pengaturan kompor layaknya kompor gas pada umumnya. Sementara pada mode otomatis mekanisme pengoperasian berdasarkan ada tidaknya peralatan memasak di atas tungku. Saat memakai mode otomatis kompor akan menyala bila ada peralatan memasak di atas tungku dalam jangka waktu tertentu. Namun jika tidak ada peralatan memasak di atas tungku ataupun peralatan sudah dipindahkan setelah selesai masak maka kompor akan mati secara otomatis.

“Mode ini bisa dipilih untuk meminimlisir risiko kecelakaan kompor meledak karena pengguna lupa memtaikan kompor,” tuturnya.

Kemudian, Agos juga bisa dioperasikan dengan mode timer. Dengan mode ini pengguna bisa mengatur lama nyala kompor serta besar kecilnya api secara digital. Pengaturan waktu dan level nyala api dilakukan dengan memakai remote kontrol wireles.

Kompor gas otomatis ini tengah dalam tahapan pengembangan. Kedepan para mahasiswa UGM ini berencana memproduksinya dalam skala masal dan menjualnya ke pasaran. (UGM/IK-SS)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *