Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ciptakan Senyawa Tabir Surya SPF Tinggi
mahasiswa-ugm-kembangkan-senyawa-tabir-surya-spf-tinggi
Mahasiswa UGM ciptakan senyawa tabir surya spf tinggi (foto: UGM)

Mahasiswa UGM Ciptakan Senyawa Tabir Surya SPF Tinggi

Edupost.id, Yogyakarta – Tiga mahasiswa Jurusan Kimia, FMIPA UGM mengembangkan senyawa tabir surya. Mereka adalah Dita Ariyanti, Ika Nurul Azizah dan  Farah Ghezi Athaya. Senyawa tabir surya sangat diperlukan dan efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari.

Ketiga mahasiswa itu melakukan sintesis senyawa C-butilkaliks[4] resorsinarena sebagai turunan senyawa kaliks[4]. Senyawa ini kemudian di esterifikasi dengan senyawa sinamoil klorida dan benzoil klodrida sehingga di dapatkan senyawa yang memiliki nilai SPF lebih dari 30.

Dita Ariyanti menyampaikan, penggunaaan senyawa tabir surya di pasaran selama ini biasanya memiliki SPF 30, dan fotostabilitas yang rendah terhadap sinar UVB matahari.

“Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki intensitas sinar matahari lebih besar daripada negara nontropis. Penyinaran matahari ini tentu memberi dampak positif maupun negatif terhadap manusia. Dampak negatif terhadap kulit yaitu eritema, warna gelap pada kulit, penuaan dini dan kanker yang disebabkan sinar UV,” tuturnya seperti dilansir laman resmi UGM.

Dita memaparkan, senyawa yang sudah disintesis memiliki beberapa keunggulan, diantaranya memiliki stabilitas kimia, radiasi dan termal yang tinggi. Selain itu, massa molekul yang relatif besar dinilai sesuai dengan kecenderungan pengembangan senyawa aktif tabir surya inovasi baru yang memiliki berat molekul di atas 500 g/mol.

Pengembangan senyawa dengan massa molekul yang besar ini bertujuan untuk mencegah meresapnya senyawa aktif tabir surya ke dalam kulit.

“Dari hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat terhadap pengembangan senyawa tabir surya sehingga di dapatkan tabir surya yang memiliki SPF tinggi dan dapat mengabsorpsi radiasi UV-B secara optimal, sehingga bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari,” pungkas Dita. (UGM/IK-SS)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *