Senin , 27 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ciptakan Terobosan Tang Cabut Gigi Bongkar Pasang

Mahasiswa UGM Ciptakan Terobosan Tang Cabut Gigi Bongkar Pasang

YOGYAKARTA – Tang cabut gigi berperan penting dalam dunia kesehatan di Indonesia. Pemakaian tang yang berbeda-beda menyebabkan seorang dokter gigi harus selalu membawa satu set tang kemanapun dia praktik, sehingga tidak praktis. Kondisi ini melatarbelakangi mahasiswa UGM yang tergabung dalam tim Redoncep menciptakan tang cabut gigi yang dapat dibongkar pasang. Para mahasiswa itu yakni Wahyuke Hestiyanti, Puspita Arum, Lastry Padang, Kevin Marselinus (dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM) serta M. Riza (dari Fakultas Teknik Mesin UGM).

“Idenya adalah tang cabut gigi yang dapat dibongkar pasang, dimana satu gagang tang cabut gigi dapat dilepas dan dipasang dengan kepala tang cabut lainnya,” tutur Kevin.

Menurutnya, tang cabut ciptaan tim Redoncep ini lebih praktis, aman karena alat diuji sedemikian rupa sehingga tidak berbahaya bagi pasien. Alat ini juga dinilai mampu meningkatkan gairah perindustrian alat kesehatan di Indonesia, terlebih karena satu-satunya di dunia.

“Setelah kita cari dan cek belum ditemukan produk serupa tang cabut gigi yang dapat dibongkar pasang,” tuturnya.

Sedangkan, Lastry Padang berharap, nantinya tang cabut gigi kreasi anak negeri ini diproduksi secara masal dan membantu pemerintah mencapai indikator pencapaian Permenkes nomor 86 tahun 2013. Yakni tercapainya kemandirian industri alat kesehatan teknologi menengah ke bawah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Inovasi para mahasiswa tersebut diapresiasi positif oleh dosen bagian Bedah Mulut FKG UGM, drg. M . Masykur Rahmat. Masykur menilai selama ini tang cabut gigi sudah ada spesifikasinya sendiri-sendiri sehingga semua tang harus dibawa, padahal satu tang cabut gigi mempunyai berat sekitar 400 gram. “Saya kira ide tang cabut gigi yang dapat dibongkar pasang ide yang brilian sehingga dengan satu gagang bisa untuk berbagai kepala tang cabut gigi,” pungkas Masykur. (UGM/IK-SS)

Check Also

ujian nasional

UN Tetap Penentu Kelulusan Peserta Pendidikan Kesetaraan

Edupost.id – Ujian Nasional yang akan dilaksanakan tahun ini tetap menjadi penentu kelulusan bagi peserta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *