Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ikuti Forum Pemuda Asia di Hongkong

Mahasiswa UGM Ikuti Forum Pemuda Asia di Hongkong

Yogyakarta- Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti Forum Pemuda Asia, Make A Difference (MaD) Forum di Hongkong, pada 30 Januari hingga 1 Februari 2015. Program ini mengundang sekitar 1.300 pemuda-pemudi se-Asia, seperti Jepang, India, Indonesia, Singapura, Korea dan Kamboja.

Kelima mahasiswa tersebut yakni Eka Cahyaningrum (Fakultas Biologi 2011), Didit Setyo Pamuji (Fakultas Teknik Jurusan Teknik Fisika 2011), Hibran Sabila Maksum (Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin 2012), Ayu Ashari Achmad (Fakultas Pertanian 2011), dan Clara  (Fakultas Isipol 2011).

Forum ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan para pemuda dari seluruh Asia agar memiliki pribadi yang positif, dan mampu mengubah keadaan ekonomi, sosial dan lingkungannya. Pemuda yang aktif berkontribusi terhadap isu-isu sosial (baik formal maupun informal) saling bertukar budaya, pemikiran, dan pengalaman dalam konferensi dan workshop internasional yang diadakan forum ini.

Eka Cahyaningrum menyampaikan, tahun ini tema yang diangkat ialah “Village Reimagined; Emergent Realities on a Different Grid”. Peserta dari Indonesia, lanjut Eka, paling banyak terpilih dalam program tersebut karena social project yang dilakukan oleh pemuda di Indonesia cukup menarik. Indonesia memperoleh kesempatan untuk mengirim 20 delegasi dari berbagai universitas di Indonesia untuk menghadiri forum tersebut.

“Dari UGM berkesempatan mengirim 5 delegasi dari berbagai fakultas, yaitu Fakultas Biologi, Fakultas Teknik, Fakultas ISIPOL, dan Fakultas Pertanian,” terangnya, seperti dilansir laman resmi UGM

Didit Setyo Pamuji menambahkan,ada beberapa rangkaian acara MaD 2015 yakniExplore Alternative in Everyday Life, Trip to wetland in Nam Sang Wai dan The Trail: Island is Where we Meet. Selain itu, ada aktivitas lain yang bebas diikuti yaitu Free Market dan Ripple Forum. Free marketmerupakanwadah bagi peserta bertukar pengalaman, cerita, atau barang.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *