Senin , 5 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol
Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol
Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol

Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol

Edupost.ID – Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) turut ambil bagian dalam Sidang Umum Interpol ke-85 di Nusa Dua, Bali pada 7-10 November 2016. Mereka adalah Aldila Irsyad dan Wyncent Halim dari Fakultas Hukum dan Angelo Abil Wijaya dari HI FISIPOL.

Ketiga mahasiswa muda ini terpilih mengikuti jalannya sidang bertajuk “Setting a Global Roadmap for International Policing” bersama dengan 36 mahasiswa lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka terpilih setelah menjalani serangkaian seleksi oleh Mabes Polri. Dalam kegiatan tersebut mereka ditunjuk untuk memfasilitasi para delegasi dari 190 negara yang hadir dalam sidang organisasi terbesar kedua di dunia setelah PBB.

“Selama sidang umum Interpol, tugas kita memfasilitasi para delegasi maupun diplomat dari 190 negara, baik memberikan informasi, membantu mereka, notulen sidang umum, dan lainnya,” papar Aldila Airsyad, Rabu (23/11).

Aldila Isryad mengatakan, banyak pengalaman yang didapatkan dari keikutsertaannya dalam mengikuti sidang umum ini, terutama dalam bidang diplomasi dan kriminal internasional. Sidang ini membahas tiga isu utama,yakni terorisme, kejahatan siber, serta kejahatan transnasional terorganisir.

Sidang umum Interpol ke-85 dihadiri oleh Presiden International Criminal Police Organization (Interpol), Mireille Ballestrazzi, dan Sekretaris Jenderal Interpol, Jurgen Stock. Selain itu, hadfir pula gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto,  Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Acara tersebut menghadirkan Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sebagai pembicara utama. Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dalam penyelenggaraan sidang yang diikuti oleh 190 negara Interpol di berbagai belahan dunia. (Andi)

Check Also

Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Simposium Internasional

Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Simposium Internasional

Edupost.ID – Ramadhan Chairan Maulana Mar, mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *