Jumat , 24 November 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Jadi Duta Indonesia di Student World Forum 2015

Mahasiswa UGM Jadi Duta Indonesia di Student World Forum 2015

YOGYAKARTA – Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih sebagai duta Indonesia di ajang Student World Forum 2015 di University of Strasbourg, Prancis dan University of Freiburg, Jerman pada 19-24 April lalu.Mereka adalah Dyah Savitri Pritadrajati (Ilmu Ekonomi) dan Laisa’ Pamidhi Widita (Ilmu Hubungan Internasional).

Student World Forum keenam ini merupakan konferensi perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi anggota Academic Consortium 21 for the 21st Century (AC21). Event dua tahunan ini mengusung tema “The European Experience in Local and Regional Democracy”.

“Universitas Gadjah Mada sendiri merupakan satu-satunya universitas Indonesia yang terlibat dalam konsorsium ini,” terang Dyah.

Di event ini para peserta mengikuti plenary sessions dan workshop serta mempelajari sustainable urban development di Freiburg. Selain itu, mereka berkesempatan mengunjungi institusi-institusi Eropa di Strasbourg, di antaranya European Parliament dan Council of Europe dan terlibat dalam berbagai acara kultural. Kemudian, di akhir forum, para peserta mempresentasikan hasil workshop mengenai cross-border project management dan cross-border clusters and business cooperation secara berkelompok.

“Semangat international cooperation patut diaplikasikan di Indonesia, terutama di tingkat daerah karena aplikasinya masih sangat minim,” ungkap Dyah.

Ajang ini diikuti sebanyak 38 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di 11 negara diantaranya Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Cina, Indonesia, Jerman, Jepang, Laos, Prancis, Selandia Baru, dan Thailand.

Forum ini bertujuan untuk mendorong pertukaran ide mengenai isu-isu global, membangun persahabatan internasional dan memperkuat jaringan AC21. (UGM/IK-SS)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *