Selasa , 17 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Jadikan Matematika Menyenangkan dengan “Sibomat”
UGM-jadikan-belajar-matematika-menyenangkan-dengan-sibomat

Mahasiswa UGM Jadikan Matematika Menyenangkan dengan “Sibomat”

Edupost.id, Yogyakarta – Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian anak-anak. Akibatnya kemampuan Matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu mendorong tim mahasiswa UGM membuat inovasi boneka edukasi agar Matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami anak-anak. Boneka tersebut dinamai Aksi Boneka Matematika atau “Sibomat”.

Tim UGM itu terdiri dari Hanif Hatta Mustofa dan Yuda Saputra (Teknik Geodesi), Lia Irawati (Gizi Kesehatan), Wida Reza Hardiyanti (Ilmu Ekonomi), dan Eka Nurcahyati (Kartografi dan Pengindraan Jauh).

Hanif, Ketua Tim Pengembang boneka Sibomat menyampaikan, sementara ini materi yang dimasukkan ke dalam boneka Sibomat adalah terkait bangun ruang, bangun datar,
dan satuan panjang. Sedangkan untuk menarik minat anak-anak, mereka mengembangkan boneka dalam berbagai bentuk, diantaranya balok, tabung limas, prisma, dan satuan panjang berbentuk dinosaurus.

Yuda, tim UGM lainnya menuturkan, boneka didesain secara kreatif dan modelnya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Harapannya boneka ini bisa merangsang pola berpikir anak agar lebih mudah dalam mempelajari matematika. Selain itu, untuk mendukung suasana pembelajaran di kelas lebih interaktif, boneka ini dilengkapi kancing pada rumus boneka. Hal ini bertujuan agar anak dapat belajar sambil bermain dengan cara memadukan rumus dengan bentuk yang sesuai bentuk boneka.

Ia menjelaskan, boneka ini juga dilengkapi unsur teknologi berupa unsur suara yang terdiri tiga macam tombol suara, yaitu suara ciri-ciri bangun boneka, lagu anak-anak, dan lagu daerah. Adanya penambahan unsur lagu anak-anak dan lagu daerah diharapkan bisa melestarikan budaya bangsa di kalangan anak-anak.

Selain membuat boneka matematika, tim UGM ini membuat gantungan kunci dan gantungan kaca mobil untuk alat pembelajaran matematika. Gantungan dibuat dalam bentuk tabung dan balok yang dibuat berbentuk profesi guru dan koki. Untuk penjualan, boneka dan gantungan kunci ini bisa dibeli secara online dengan harga bervariasi mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 250 ribu. (UGM/ IK-SS)

Check Also

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Edupost.ID – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap melakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *