Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Chem-E-Car di Australia
Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Chem-E-Car di Australia
Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Chem-E-Car di Australia (foto: UGM)

Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Chem-E-Car di Australia

Edupost.id – Tim Chem-E-Car Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjuarai kompetisi Chem-E-Car di Adelaide University, Australia pada 27-28 September lalu. Dalam lomba perancangan mobile prototipe yang digerakkan dengan reaksi kimia tersebut, UGM memperoleh juara pertama kategori poster.

Chem-E-Car merupakan kompetisi bagi mahasiswa dalam mendesain prototipe mobil dengan bahan bakar reaksi kimia. Kompetisi kali ini diikuti tim-tim unggul dari berbagai negara di dunia seperti Australia, Iran, Indonesia, Malaysia, serta New Zealand.

General Manajer Tim Reactic Chem-E-Car UGM, Fadzri Sukmaji, mengungkapkan dalam kategori poster mobil hasil riset UGM yang dinamai “Reactic 0.1” unggul dalam konsep penggunaan bahan bakar yaitu mengandalkan sel volta dari bahan-bahan organik. Sel volta tersebut bisa menghasilkan reaksi kimia sebagai energi untuk menggerakan mobil dan digunakan sebagai pengganti baterai.

“Mobil yang kami kembangkan ini digerakkan dengan reaksi kimia berbasis sel volta dengan katodanya memakai stainless stell dan aluminum sebagai anodanya. Sementara stopping mechanismnya  berbasis bahan organik sehingga ramah lingkungan,” terang Fadzri.

Fadzri menyebutkan, inovasi dari mobil Reactic 0.1 ini terletak pada mekanisme stopping yang menggunakan bahan organik. Sementara mobil lainnya pada umumnya dikembangkan dengan bahan-bahan kimia. Adapun stopping mechanism yang digunakan adalah Vitamin C, obat merah, tepung maizena, dan sejumlah bahan kimia lain yang aman digunakan.

“Mobil kami dinilai unggul karena inovasi penggunaan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan, sedangkan mobil tim lainnya masih menggunakan bahan-bahan kimia,” ungkapnya. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Atlet Tunarungu Asal UNJ Ini Berprestasi hingga ke Kancah Internasional

Atlet Tunarungu UNJ Berprestasi Hingga Kancah Internasional

Edupost.id – Meski memiliki keterbatasan fisik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Priyaka Irfan Astama Harsono berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *