Jumat , 24 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi INCHALL se-Asia Tenggara
Tim Gamapro UGM
Tim Gamapro UGM berhasil memenangkan kompetisi internasional “Industrial Challenge” (INCHALL) 2016. dok.ugm

Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi INCHALL se-Asia Tenggara

Edupost.id, Yogyakarta – Tim Gamapro UGM berhasil memenangkan kompetisi internasional “Industrial Challenge” (INCHALL) 2016. Kompetisi yang berlangsung di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada 1-5 Maret ini diikuti 126 tim dari berbagai perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Tim Gamapro UGM terdiri dari Regina Venska Ardiana, Sekar Sakti, dan Novianda Aditya Istiqomah dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM.

Regina menyebutkan, mereka menghadapi rangkaian tes semifinal INCHALL 2016. Dalam babak semifinal, mereka diuji untuk menyelesaikan soal-soal teori dasar keilmuan Teknik Industri dengan waktu terbatas dan tingkat kesulitan yang beragam. Kemudian, mereka diberikan beberapa kasus sesuai dengan tema lomba yakni Global Value Chain Towards Sustainability Development dan membuat analisis dalam bentuk laporan.

Dari babak semifinal tersebut, lima tim dengan nilai tertinggi dan berhak maju ke final adalah tim dari UGM, ITB, Chulalongkorn University, dan Telkom University. Dalam babak final, seluruh finalis harus menyelesaikan kasus dan mempresentasikan solusi yang ditawarkan.

Tim Gamapro UGM saat itu memberikan solusi dalam upaya peningkatan efisiensi pekerja dan penjadwalan pemeliharaan mesin yang lebih efektif. Hal tersebut dilakukan dengan software flexible line balancing. Tim melakukan simulasi alur produksi yang ditawarkan dan hasilnya mampu meningkatkan efisensi produksi hingga 90 persen.

Atas keberhasilan tersebut mereka berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar 1.300 dolar Amerika.

(UGM/IK-SS)

Check Also

seniman mengajar kemendikbud

Pendaftaran “Seniman Mengajar” di Daerah Terpencil Mulai Dibuka

Edupost.id – Pendaftaran kegiatan “Seniman Mengajar” yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *