Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Pemilu Tuna Netra

Mahasiswa UGM Kembangkan Aplikasi Pemilu Tuna Netra

Edupost.ID, Yogyakarta – Selama ini penyandang disabilitas, khususnya tuna netra, termasuk golongan masyarakat yang tak mampu memahami dengan baik informasi seputar Pemilu. Hal inilah yang menjadi keprihatinan Derta Isyajora Rakhman, mahasiswa prodi Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia menciptakan aplikasi khusus berisi informasi tentang pilkada yang ditujukan khusus bagi penyandang tunanetra yang dinamai Blindformation.

Aplikasi temuan mahasiswa  kelahiran Pemalang, Jawa Tengah ini berbasis website dan dapat membantu para penyandang tunanetra mengetahui informasi seputar pilkada dan profil kandidat. Aplikasi ini dapat diakses langsung pada alamat blindfomation.org.

“Intinya, aplikasi ini berbasis suara sehingga ada interaksi dengan tunanetra,” kata Derta.

Untuk membuka aplikasi tersebut, kata Derta, para penyandang tunatera setidaknya perlu didampingi untuk membuka alamat website. Saat aplikasi sudah diakses, para penyandang hanya menekan tombol angka untuk menekan menu yang dipilih. Bahkan terdapat arahan memilih menu dengan suara. “Memang saat membukanya masih dibantu orang lain tapi bila sampai pada profil calon hanya cukup menekan tombol angka 1 hingga 8,” katanya.

Sementara itu, informasi seputar pilkada dan profil calon yang tersedia pada aplikasi ini baru pada profil kandidat di Provinsi DIY dan Pemerintah Kota Surabaya. Hal itu karena aplikasi ini baru dibuat dua minggu yang lalu dalam lomba Pilkada Apps Challenge Code for Vote 4.0 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum dan Perludem, 8 November di Jakarta. Aplikasi ini berhasil menjadi juara satu untuk kategori aplikasi bagi disabilitas.

Derta bertekad akan terus mengembangkan aplikasi tersebut dengan menambah konten yang berisi profil kandidat. “Sebelum pilkada serentak, saya harap bisa membuat profil pilkada dari Jawa Barat dan Jawa Timur,” katanya. (Andi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *