Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Kembangkan Bluetooth Speaker Berbahan Kayu
tim-ugm-ciptakan-bluetooth-speaker-berbahan-kayu
Mahasiswa UGM ciptakan bluetooth speaker berbahan kayu (foto: UGM)

Mahasiswa UGM Kembangkan Bluetooth Speaker Berbahan Kayu

Edupost.id, Yogyakarta – Selama ini speaker yang dijual pasaran terbuat dari bahan logam sehingga terasa kurang praktis. Selain itu, disain yang ada cendrung kurang menarik. Hal ini yang melatarbelakangi lima mahasiswa UGM mengembangkan speaker berbahan kayu yang multifungsi dan memiliki disain menarik. Spekear ini dinamai WOOBS (Woody Bluetooth Speaker).

Kelima mahasiswa ini yaitu Fajar Ulin Nuha (Ilmu Komputer dan Elektronika), Anindar Naufal Adila (Teknik Industri), Alwy Herfian Satriatama (Elins), Tri Yunianta (Elins) dan Siti Jayimah (Ilmu Ekonomi). Mereka mengembangkan produk ini melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

Untuk pembuatan speaker kayu ini mereka menggunakan pinewood yang memiliki karakteristik lembut, halus, dan berkualitas tinggi. Keunggulan tambahan dari produk speaker kayu ini adalah beratnya yang lebih ringan dibandingkan dengan speaker jenis lain yang seluruh komponen penyusunnya terbuat dari logam berat.

Pembuatan WOOBS ini turut mendukung kearifan lokal dan penghijauan serta dapat menambah lapangan pekerjaan bagi para pengrajin kayu. Selain itu, tim ini memberikan pertanggungjawaban lingkungan dengan menyisihkan sebagian dari keuntungan penjualan untuk mendukung kegiatan penghijauan.

Siti, salah satu pencipta speaker ini berharap, WOOBS dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak dalam berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, dan lingkungan. (UGM/IK-SS)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *