Selasa , 23 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Olah Ganyong Jadi Nugget Lezat
mahasiswa-ugm-olah-ganyong-jadi-nugget
Mahasiswa UGM olah ganyong jadi nugget 9foto: UGM)

Mahasiswa UGM Olah Ganyong Jadi Nugget Lezat

Edupost.id, Yogyakarta –Ganyong (Canna edulis), salah satu tanaman lokal Indonesia yang dikenal bergizi tinggi dan kaya serat. Namun, tanaman ini belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Hal itulah yang mendorong lima mahasiswa Fakultas Peternakan UGM mengolah ganyong menjadi panganan yang lezat yakni nugget ganyong.

Kelima mahasiswa itu adalah Muhammad Fauzan Abdurrohman, Dita Aviana Dewi, Sanaul Laily, Ayuditha Aninda Putri, dan Wisesa Pramudita Putra.

Dita menyebutkan, ganyong merupakan umbi yang kaya serat dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk pengganti filler nugget yang biasa memakai tepung terigu. Umbi ganyong, lanjutnya, memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi daripada tepung terigu. Selain itu, juga mengandung kalsium dan fosfor yang juga tinggi.

Bahan baku pembuatan nugget ganyong ini diperoleh dari daerah Terbah, Pathuk, Gunungkidul. Daerah tersebut terdapat tanaman ganyong yang tumbuh subur dan melimpah.

Selain lezat, mereka membuat nugget ganyong ini dengan kemasan yang menarik. Nugget ganyong dibuat dalam bentuk aksara Jawa. Tujuannya untuk mengenalkan kembali budaya Jawa yang semakin terlupakan.

Melalui produk nugget ganyong bentuk aksara Jawa atau NAGA BEJO ini, tambah Dita, diharapkan bisa menjadi media baru dalam pengenalan aksara Jawa dalam bentuk yang lebih menarik.

Nugget ganyong bentuk aksara Jawa hadir sebagai alternatif produk olahan sehat yang memanfaatkan bahan pangan lokal. Selain itu, produk ini juga bisa menjadi media pembelajaran dan pengenalan aksara Jawa pada masyarakat. (UGM/ IK-SS)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *