Jumat , 31 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UGM Raih Beasiswa CGS
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Mahasiswa UGM Raih Beasiswa CGS

Edupost.Id – Elory Leonard, mahasiswi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, berhasil meraih beasiswa Cargill Global Scholars (CGS) 2016. Beasiswa tahunan dari perusahaan swasta internasional terbesar di Amerika Serikat, ini hanya diberikan bagi 10 mahasiswa terbaik di Indonesia.

Tahun ini, giliran Elory berhasil menyingkirkan lebih dari 700 pendaftar dalam berbagai tahapan seleksi tersebut. Elory berhasil melewati seleksi ketat oleh Institute of International Education (IIE). Selain Elory, sembilan peraih beasiswa CGS pada tahun ini diantarnya berasal dari Teknik Sipil UGM, IPB, Universitas Brawijaya, ITS, Universitas Lampung, dan Universitas Hasanuddin.

Fasilitas yang diberikan bagi penerima beasiswa CGS ini berupa dukungan keuangan selama dua tahun senilai 2.500 dolar AS per tahun. Selain itu juga akan mendapat fasilitas mentoring secara intensif oleh para petinggi PT. Cargill.

“Beasiswa CGS ini fokus pada pengembangan kemampuan kepemimpinan pemuda,” papar Elory.

Tidak hanya itu, Elory dan penerima beasiswa lainnya juga diberi fasilitas In-Country Seminar yang telah diadakan di Jakarta pada 6-9 September 2016 lalu.  In-Country Seminar ini untuk memberikan pengenalan awal tentang beasiswa ini, juga mengasah kemampuan kepemimpinan melalui rangkaian sesi leadership activities.

Pada tahun kedua para peraih beasiswa akan bergabung dalam pelatihan kepemimpinan bersama secara global beserta penerima CGS dari negara lain seperti Brazil, China, India, USA dan Rusia di Minneapolis, Amerika Serikat. Setelah masa periode beasiswa habis, penerima beasiswa akan menjadi bagian dari jaringan alumni penerima beasiswa Cargill dan berkesempatan untuk memperluas jaringan kerja secara global.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi setiadi Daryono, M.Agr.Sc., berharap penerima beasiswa ini akan mampu membentuk jaringan networking global.

“Harapannya, program CGS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta sebagai dapat menjadi bekal untuk menjadi pemimpin masa depan yang berguna bagi bangsa Indonesia,” pungkas Budi. (Andi)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol

Mahasiswa UGM Ikuti Sidang Umum Interpol

Edupost.ID – Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) turut ambil bagian dalam Sidang Umum Interpol …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *