Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UI Ciptakan Desain Rumah Khusus untuk Nelayan

Mahasiswa UI Ciptakan Desain Rumah Khusus untuk Nelayan

DEPOK – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan desain rumah khusus untuk nelayan terutama bagi nelayan di Desa Sama Bahari, Kepulauan Wakatobi. Tim mahasiswa yang terdiri dari Fathiyah Nur Fadhilah, Annisa Dienfitriah, Dio Guna Putra, dan Puteri Setyo Utami ini mendesain rumah yang diberi nama ‘Please Stay’.

Awal mula ide membuat rumah ‘please stay’ ini adalah melihat kondisi masyarakat di Desa Sama Bahari. Menurut mereka, hampir seluruh masyarakat di sana tinggal dan bermukim di lautan, sehingga kemungkinan untuk bertempat tinggal di daratan adalah hal yang mustahil.

Rumah tersebut didesain menyesuaikan kebiasaan masyarakat. Berbentuk rumah panggung yang terdiri dari beberapa ruangan yang difungsikan sebagai ruangan bersama, ruang keluarga, dan ruang kamar tidur.

Hal yang menarik dari rumah ini yaitu memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh oleh masyakarat sekitar pesisir seperti atap dari daun kelapa. Kemudian, memanfaatkan sumber daya alam seperti sinar matahari sebagai sumber listrik dan energi.

Please stay juga memakai bodigester untuk mengolah limbah manusia sebagai bahan bakar biogas dan pupuk organik untuk budidaya ikan. Selain itu, rumah please stay karya mahasiswa UI ini menerapkan teknologi untuk mengubah uap air laut menjadi air minum. Mekanismenya ialah uap air laut yang mengalami penguapan akan ditampung kemudian dialiri ke keran air lalu diolah menjadi air minum.

“Ya, kami mencoba menerapkan teknologi pengolahan air ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” terang Fathiyah.

Rumah ‘Please stay’ ini juga berhasil memenangkan kompetisi  desain rumah yang diadakan Universitas Gadjah Mada. (UI/IL-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *