Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UI Ciptakan Robot Terbang Pemadam Api Tanpa Awak

Mahasiswa UI Ciptakan Robot Terbang Pemadam Api Tanpa Awak

Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Robot Terbang “GARUDA” UI berhasil meraih juara pertama pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2015 yang diselenggarakan di kampus Universitas Gadjah Mada pada 19 September 2015 lalu. Selain GARUDA, Tim Robot Terbang “ATHENA” UI juga sukses di posisi juara harapan pada kompetisi yang sama.

Tingginya angka kebakaran hutan di Indonesia menjadi permasalahan yang kerap dialami dan tentunya membutuhkan solusi. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu motivasi penyelenggaraan KRTI 2015 khususnya pada divisi Vertical Takeoff and Landing (VTOL).

Wahana VTOL didesain untuk mampu menggantikan tugas manusia dalam pemadaman api sehingga tidak perlu lagi mendekat ke titik api melainkan cukup terbang rendah mendekat ke titik api dan memadamkannya. Tertantang mencari solusi atas permasalahan tersebut, UI mengirimkan Tim GARUDA dan ATHENA sebagai dua perwakilan UI pada divisi VTOL di KRTI 2015. Kedua robot hasil karya mahasiswa UI di bawah bimbingan Surya Darma S.Si, M.Si. – dosen Fisika Fakultas Matematika dan IPA UI ini – mampu menjalankan misi memadamkan api dengan keunikannya masing-masing.

Tim GARUDA yang terdiri atas M.Taris Handyantama (Teknik Elektro 2014) ; Ricky Nauvaldy (Fisika 2012) ; Nugraha Pancasaputra (Teknik Mesin 2014) ; Aldwin Akbar (Teknik Komputer 2013) berhasil merancang Robot GARUDA dengan material rangka utama berbahan Fiber dan Alumunium dengan bobot wahana 2,2kilogram. GARUDA memiliki durasi terbang hingga 15 menit dengan kecepatan pada horizontal speed3,5 meter/detik dan pada vertical speed 2,5 meter/detik.

Tipe robot yang dibangun adalah quadrotor – yakni model robot terbang dengan 4 rotor yang dirancang dan dirakit sendiri tanpa menggunakan kit serta mampu terbang dengan mode manual menggunakanremote control atau secara autonomous berdasarkan panduan dari hasil image processing atau menggunakan titik koordinat yang dijadikan waypoint. Robot GARUDA mampu memadamkan titik-titik api dengan menggunakan media pemadaman berupa hembusan angin dari baling-baling quadcopter ketika berada di ketinggian sekitar dua meter dari titik api.

Pada Tim ATHENA yang terdiri atas Irwan Dharmawan (Sastra Belanda 2013) ; Muhammad (Teknik Industri 2013) ; Raden Muhammad Adrian Septiandry (Ilmu Komputer 2013) berhasil merancang Robot ATHENA dengan model robot terbang 4 rotor yang juga memiliki kemampuan terbang dengan modemanual menggunakan remote control atau secara autonomous. ATHENA berbobot 2,2 kilogram dengan material utama berbahan Fiber dan Alumunium yang memiliki kemampuan membawa maksimal 500 ml air dengan durasi terbang hingga 12 menit, serta memiliki kecepatan pada horizontal speed 3 meter/detik dan vertical speed 2,5 meter/detik. Robot GARUDA mampu memadamkan titik-titik api dengan menggunakan media pemadaman berupa air.

Keikutsertaan UI pada kompetisi teknologi nasional seperti KRTI 2015 diharapkan mampu menstimulus rasa inovasi dan kreatifitas mahasiswa UI di dalam menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan menjadi suatu produk/program yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Peran serta mahasiswa UI pada KRTI 2015 menjadi salah satu bentuk kontribusi nyata UI dalam pengembangan teknologi khususnya robot terbang quadrotor di Indonesia. Selain itu diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pemadaman api tanpa tenaga manusia dan membawa Indonesia menuju kemandirian teknologi wahana tanpa awak. (Rifelly DA)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *