Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UI Minta Maaf Beredarnya Video Tolak Ahok
video boby-febrik-sedianto-berorasi-menolak-ahok-jadi-gubernur-dki
Video Mahasiwa UI tolak Ahok

Mahasiswa UI Minta Maaf Beredarnya Video Tolak Ahok

Edupost.id – Belum lama ini beredar video yang berisi orasi mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang mengajak masyarakat untuk tidak memilih Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Karena perbuatannya dinilai ilegal dan meresahkan, pihak UI memanggil mahasiswa yang bernama Boby Febrik itu untuk meminta maaf.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik itu, Boby mengenakan jas almamater dan berbicara dengan latar kampus UI. Video tersebut sempat heboh di sosial media sehingga pihak UI turut memberikan klarifikasi bahwa perbuatan yang dilakukan Boby merupakan aktivitas ilegal dan bukan merupakan sikap resmi kampus.

Pihak UI menilai video tersebut telah melanggar etika kegiatan akademik dan tata tertib kehidupan kampus, termasuk melanggar Ketetapan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia No.008/SK/MWA-UI/2004. Setiap mahasiswa dilarang melakukan diskriminasi atas dasar agama, etnisitas, gender, orientasi seksual, orientasi politik dan cacat fisik.

“Kami sampaikan bahwa Gerakan Mahasiswa (GEMA) Pembebasan UI bukanlah lembaga resmi UI maupun Fakultas di UI sehingga tidak diperkenankan untuk menggunakan nama, logo dan atribut UI,” ungkap Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, dalam siaran persnya.

Boby telah dipanggil pihak kampus dan dimintai klarifikasinya. “Universitas Indonesia sebagai institusi pendidikan menghormati hak individu dan memberikan kebebasan berpendapat bagi setiap civitas akademika UI namun tetap harus mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di UI,” lanjutnya.

Boby juga telah membuat pernyataan minta maaf atas perbuatannya di atas kertas bermeterai. “Menyatakan menyesal dengan beredarnya video bertajuk “Gema Pembebasan UI Tolak Ahok”, yang menampilkan saya dengan jaket almamater UI berorasi di depan Gedung Rektorat UI. Saya mengakui kekeliruan yang telah saya lakukan karena menggunakan properti UI tanpa izin pihak universitas dan isi orasi yang menyebabkan keresahan pada seluruh civitas Universitas Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada pimpinan Universitas Indonesia atas perbuatan tidak menyenangkan yang telah saya lakukan dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut di atas,” tulis Boby dalam suratnya itu. (IK-SS)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Mahasiswa FMIPA UI Siap Maju ke Mapres Nasional 2017

Edupost.id – Mahasiswa jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Yudhistira Oktaviandie terpilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *