Senin , 23 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UI Tolong Siswa Tunanetra lewat Aplikasi Ayobaca.in
UI- Masuk-Peringkat-Kampus-Terbaik-di-Asia
Universitas Indonesia (UI)

Mahasiswa UI Tolong Siswa Tunanetra lewat Aplikasi Ayobaca.in

Edupost.id – Banyaknya tuna netra usia sekolah yang tidak mendapat akses buku braille mendorong mahasiswa UI, Deka Komanda Yogyantara mengembangkan Ayobaca.in. Melalui aplikasi tersebut setiap orang bisa membantu membacakan buku lalu direkam dan diubah menjadi audiobook.

“Melalui aplikasi ini masyarakat umum dapat membacakan suatu buku, yang kemudian direkam secara real-time dan dikonversi menjadi audiobook. Teman-teman tunanetra dapat mengakses audiobook tersebut melalui website maupun aplikasi Ayo Bacain di handphone secara gratis,” ungkap Deka, Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UI.

Inspirasi ide Ayobaca.in ini ia dapatkan sejak Februari lalu saat mengikuti kegiatan kepemudaan di Thailand. Ia berkesempatan bertemu dengan Tab, founder GuideLight Thailand. Guidelight Thailand adalah gerakan sosial dimana masyarakat terlibat dalam kegiatan sosial mengkonversi buku konvensional menjadi audiobooks.

Atas karyanya tersebut, ia berhasil menjadi Top 5 Social Business Project dalam Program Community Leaders Ayamin Plus yang diadakan NAMA Foundation dan Ghadan Institute yang berbasis di Arab Saudi, serta didukung oleh Waffa Indonesia Gemilang.

Deka meraih posisi empat dari 20 proyek bisnis sosial yang terpilih. Ia menerima pendanaan senilai Rp 17 juta rupiah untuk mengembangkan bisnis sosialnya. Community Leaders Ayamin Plus sendiri merupakan kompetisi ide social-entrepreneur yang diadakan serentak di empat negara yakni Indonesia, Kyrgyzstan, Lebanon, dan Tanzania yang berlangsung secara paralel sejak Maret 2016.

Awalnya, pada Maret lalu terdapat 100 peserta yang diseleksi, kemudian diambil 20 peserta terbaik untuk diberikan pendanaan proyek. Dua puluh peserta ini juga akan diberangkatkan ke Turki akhir tahun ini untuk mengikuti training social entrepreneurship disana. (UI/ IK-SS)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

Aplikasi HaloAcara, Inovasi Tim Mahasiswa Fasilkom UI

Edupost.id – Sejumlah mahasiswa tim Fasilkom UI menciptakan sebuah laman aplikasi dengan nama HaloAcara. Inovasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *