Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UII Dikirim ke Jepang untuk Mendesain Rumah Tahan Gempa

Mahasiswa UII Dikirim ke Jepang untuk Mendesain Rumah Tahan Gempa

YOGYAKARTA – Program Studi Arsitektur UII kembali mendapatkan kesempatan berkolaborasi dengan mitra internasional UII, yakni Ritsumeikan University, Jepang. Bentuk kolaborasi tersebut adalah pengiriman 3 mahasiswa arsitektur UII ke Jepang, yang akan bergabung dengan mahasiswa arsitektur Ritsumeikan University dan Laos Nationjal University. Mereka akan membuat konstruksi rumah tahan gempa di Miyako City, kota yang rusak akibat bencana tsunami tahun 2011.

Demikian disampaikan dosen Prodi Arsitektur UII Wiryono Raharjo, saat acara pelepasan yang digelar di Gedung Rektorat GBPH Prabuningrat UII beberapa waktu lalu.

Wiryono Raharjo selaku pendamping mengatakan, rombongan berangkat ke Jepang 31 Agustus dan akan berada di lokasi konstruksi selama 19 hari. Selain itu Tim UII juga akan mengikuti Konferensi Tahunan Architectural Institute of Japan di Tokei University.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut terselenggara setelah proposal hibah yang ia ajukan ke Ritsumeikan University dan tenaga volunteer asal Jepang di UII, Miho Fujii, disetujui oleh Japan Science and Technology Agency.

Ketiga mahasiswa yang terpilih mengikuti kegiatan tersebut adalah Riyan Rachmadi, Dewi Retno Prameswari, dan Fahrun Reza Anggoman. Semuanya adalah mahasiswa semester 7 (tahun keempat).

Program pertukaran ilmiah ini merupakan salah satu realisasi dari hubungan kerjasama UII-Ritsumeikan University yang ditandatangani kedua pimpinan universitas pada tahun 2011.

”Diharapkan realisasi kerjasama ini akan memicu berbagai kegiatan kerjasama ilmiah di bidang lain diwaktu mendatang,” ungkap Wiryono, seperti dilansir laman UII.

Rektor UII, Harsoyo berpesan kepada ketiga mahasiswa UII yang akan berangkat ke Jepang agar tidak hanya mempersiapkan bekal ilmu, namun yang tak kalah penting adalah ketahanan fisik. Selain itu, diharapkan para mahasiswa juga dapat memperkenalkan budaya Indonesia ketika berada di Jepang nanti. (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *