Kamis , 29 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UIN Ciptakan Resonator untuk Bantu Siswa Tunanetra

Mahasiswa UIN Ciptakan Resonator untuk Bantu Siswa Tunanetra

Edupost.ID, Yogyakarta- Tiga mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menciptakan terobosan di bidang pendidikan. Para mahasiswa tersebut membuat alat peraga yang membantu siswa tunanetra mengikuti pelajaran praktikum dengan baik. Alat yang mereka kembangkan ini berupa Resonator.

Alat tersebut terdiri atas tabung, batang pengendali, tombol power, dan stop kontak. Dengan alat tersebut, pelajar terutama yang tunanetra dapat mengikuti praktikum fisika.

Resonator ini dibuat oleh Randi, Fais, dan Agil. Mereka membuatnya untuk dilombakan di LKTI Nasional Marss #2 UNY pada bulan Mei lalu. Ide tersebut membuat mereka meraih juara harapan 2 dan menjadi satu-satunya pemenang dari Yogyakarta.

Ragil Ristiyanti, yang akrab disapa Agil, saat ini masih duduk di semester 5. Salah satu anggota tim ini mengaku tidak menyangka akan mendapat penghargaan. Pasalnya, tim lain yang masuk 10 besar karyanya bagus.

“Tapi bingung nggak ada duit,” katanya. Untuk mencapai kemenangan dibutuhkan pengorbanan yang besar. Kendala terbesar adalah uang. Dibutuhkan minimal 200 ribu per orang untuk mengikuti LKTI Marss. Mereka berusaha mendapat uang dari kampus dengan mengurus surat permohonan serta masih banyak lagi yang dilakukan.

Ini bukan pertama kalinya ia kesulitan mengikuti perlombaan. Agil menceritakan bahwa ia dan timnya pernah gagal ke Medan. Sebenarnya ia lolos lomba karya tulis ilmiah. Akan tetapi karena tidak ada dana dan dukungan dari kampus, ia batal masuk babak selanjutnya di Medan.

Alat yang dapat membantu guru menjelaskan hukum fisika ini rencananya belum akan diperbanyak. Ketika ditanya mengapa, jawabnya adalah karena belum ada modal. (Nurfi)

Check Also

Beasiswa S2 di Berbagai Universitas Belgia

Edupost.id – Penawaran beasiswa internasional dari Vlir-Uos bagi pelajar di Asia, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *