Selasa , 23 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ciptakan Alat Detektor Daging

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ciptakan Alat Detektor Daging

Edupost.ID – Mahasiswa Fisika UIN Sunan Kalijaga, Anggara Wahyu berhasil menciptakan alat pendeteksi daging. Dengan alat ini, kita dapat mengetahui apakah daging itu segar atau daging tiren (mati kemaren). Alat itu dipamerkan dalam acara IT Camp and Edu Fair 2015 yang diselenggarakan oleh Balai TekKom Dik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Rabu (27/5) di Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, alat tersebut diperagakan oleh salah satu mahasiswa fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Risa Nur Faramida, ketika memperagakan alat itu menjelaskan bahwa prinsip kerja alat ini merupakan penerapan fisika instrumental. “Alat ini merupakan penerapan dari fisika instrumental,” ujarnya.

Risa melanjutkan, prinsip kerja alat ini menggunakan prinsip resistensi. “Semakin besar nilai resistensi sepotong daging, maka alat akan mendeteksi daging tersebut sebagai daging tiren,” terangnya.

“Sebelumnya sudah diadakan penelitian tentang nilai resistensi daging segar maupun daging tiren. Hasil penelitian itu kemudian diaplikasikan terhadap alat ini. Jadi, alat akan otomatis berhasil mendeteksi daging berdasarkan nilai resistensinya,” terang Risa.

Risa menjelaskan, penemuan alat ini sebenarnya merupakan hasil skripsi salah satu mahasiswa Fisika UIN Sunan Kalijaga yang bernama Anggara Wahyu. Setelah berhasil diciptakan, alat ini sudah dipublikasikan.

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *