Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UMY Olah Cangkang Keong dan Telur Jadi Pakan Ternak

Mahasiswa UMY Olah Cangkang Keong dan Telur Jadi Pakan Ternak

YOGYAKARTA – Banyaknya limbah cangkang keong dan telur yang tidak dimanfaatkan sehingga menimbulkan limbah di lingkungan masyarakat. Hal ini mendorong mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memanfaatkan limbah tersebut menjadi produk pakan tambahan ternak bernutrisi tinggi yang diberi nama “CANGKELUR” (Cangkang Keong dan Cangkang Telur Sebagai Alternatif Pakan Tambahan Ternak bernutrisi Tinggi dan Murah).

Juniar Anes Marliasiwi, mahasiswi jurusan Akutansi yang merupakan salah satu penggagas ide pemanfaatan limbah tersebut menjelaskan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan timnya terkait manfaat kandungan dari cangkang keong dan cangkang telur, kedua bahan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi oleh hewan ternak.

Proses dari pengolahan cangkang keong dan cangkang telur itu sendiri terdiri dari berbagai tahapan, pertama, bahan baku tersebut dicuci bersih, lalu di jemur hingga kering. Lalu setelah bahan-bahan tersebut kering, kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggiling yang akan menghasilkan serbuk-serbuk olahan cangkang tersebut, yang nantinya serbuk tersebut akan dicampur dengan dedak ataupun pakan ternak lainnya untuk pakan ternak.

Usaha yang dilakukan Anes dan kawan-kawannya merupakan hasil dari pengajuan proposal PKM (Program Kreatifitas Kemahasiswaan) bidang Kewirausahaan yang telah mendapatkan dana hibah dari Dikti (direktorat perguruan tinggi).

Kelompok PKM yang beranggotakan Jitya Ratu, J. Anes Marliasiwi, Fendi Adriansyah, dan Muhammad Kusuma Aji, yang keseluruhan merupakan mahasiswa jurusan Akutansi, tidak hanya berhasil sampai pada pendaan hibah dikti, kelompok PKM tersebut juga berhasil mewakili UMY dalam ajang PIMNAS ke 28 di Universitas Halu Oleo yang akan diselenggarakan pada tanggal 5-9 Oktober mendatang. (UMY/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *