Senin , 25 Juni 2018
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unair Terbang Jauh ke Jepang demi Sampah
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (Unair)

Mahasiswa Unair Terbang Jauh ke Jepang demi Sampah

Edupost.id – Tujuh mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) terbang ke negeri sakura, Jepang demi belajar sampah. Alif Firmansyah dan teman-temannya merupakan mahasiswa yang tergabung dalam tim riset limbah padat.

Alif dan tim menyampaikan, motivasi mereka melakukan exchange ke luar negeri, diantaranya mendapatkan pengalaman dan bertemu orang baru, belajar budaya Jepang hingga tekad memahami sudut pandang yang berbeda atas sebuah permasalahan. Hal-hal itu yang membuat Alif dan tim memanfaatkan kesempatan tersebut dengan maksimal.

“Kebetulan ada kesempatan exchange yang merupakan program dari fakultas. Dan alhamdulillah kami dapat terpilih sebagai delegasi  ke Universitas of Kitakyushu, Jepang,” terangnya.

Pengalaman menarik selanjutnya juga disampaikan oleh Mohamad Naufal Rasyidi. Baginya, berkunjung ke pulau kecil bernama Umashima merupakan pengalaman yang berharga. Pasalnya, di pulau kecil yang terletak di tengah laut itu terdapat permasalahan sampah yang ditimbulkan akibat terbawa oleh aliran air laut. Tidak hanya itu, Naufal juga menyatakan bahwa kekaguman terhadap upaya masyarakat Jepang  untuk menjaga lingkungan patut diapresiasi.

“Bisa dilihat dari kantong khusus bewarna di rumah-rumah. Biru untuk organik, warna lain untuk plastik, dan warna lain untuk kaleng,”  ujarnya.

Sementara itu, bagi Zahra hasil dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan disana merupakan hal yang sangat berarti. Aplikasi teknologi rendah karbon di sektor industri untuk mengurangi penyebab dan banyaknya polusi menjadi oleh-oleh berharga yang ia bawa pulang.

“Harapan kami apa yang dipelajari  dapat menjadi suatu gerakan untuk Indonesia khususnya lingkungan agar menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.  (Unair/ IK-SS)

Check Also

Universitas Airlangga (Unair)

Unair Lepas Puluhan Zombi saat Lari Malam Sejauh 6 KM

Edupost.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM FK) Universitas Airlangga menggelar kegiatan Lari malam bertajuk “Agoraphobia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=