Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Undip Ajak Anak-anak Pemulung jadi “Pendekar Ulung”

Mahasiswa Undip Ajak Anak-anak Pemulung jadi “Pendekar Ulung”

SEMARANG – Anak-anak yang tinggal di pemukiman pemulung di kelurahan Kedungpane, Semarang kurang memperhatikan kesehatan pribadi dan lingkungannya. Hal itu mengundang keprihatinan lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip). Mereka berinisiatif membuat suatu program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKM-M). Program mereka berisi pendidikan karakter terhadap anak di lingkungan pemukiman pemulung (PENDEKAR ULUNG).

Kelima mahasiswa itu ialah Adha Triyanto, Dimas Triyadi, Putri Budiastuti, Nia Dhesti Arindita, dan Dinar Andaru Mukti.

Adha Triyanto, selaku Ketua Tim menyampaikan, PKM-M bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai nilai keislaman melalui kajian Al-Quran, pengenalan pola perilaku hidup bersih dan sehat diri sendiri dan lingkungan sehingga mereka mampu mengadopsi dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak tersebut juga dibekali metode HSE “Health, Spiritual, and Environment” melalui media film motivasi, games lingkungan, dan modul bergambar. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak bulan Maret ini akan berakhir Juni.

Ia menambahkan, sasaran dan tempat program PENDEKAR ULUNG adalah anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) bertempat di Mushola AT-Taqwa yang berlokasi di lingkungan pemukiman pemulung. “Harapannya dengan pendampingan orang tua serta pengelola masjid maka tim PKM-M dapat bekerja sama secara optimal dalam mengenalkan materi edukasi kesehatan pribadi, kesehatan lingkungan, dan edukasi Wudlu, Adzan dan Shalat,” paparnya.

Program PENDEKAR ULUNG, lanjutnya, meliputi Happy Friday, pengisian buku “Catatan Harian PENDEKAR ULUNG” berisi  form  pelaksanaan shalat, PHBS, kata-kata  motivasi, “Renunganku Hari Ini”, “Aku di Masa Depan”, panduan shalat dan berwudlu, doa sehari-hari  serta materi PHBS, pendidikan seks dini, dan Games Go Green.(Undip/IK-SS)

Check Also

Bogor Gelar Festival Bola Voli Pelajar se-Kota Bogor

Edupost.Id- Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bogor, menggelar festival bola voli pelajar se-Kota tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *