Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Undip Ciptakan Helm 3 in 1, Anti Polusi, Anti Embun dan Anti Jerawat

Mahasiswa Undip Ciptakan Helm 3 in 1, Anti Polusi, Anti Embun dan Anti Jerawat

SEMARANG – Tim mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) membuat sebuah terobosan baru berupa helm yang memiliki 3 fungsi sekaligus yakni anti jerawat, anti polusi, dan anti embun. Helm 3 fungsi ini dinamai HELTIC 3 in 1 (Helm Fotokatalitik 3 in 1) dibuat dengan memanfaatkan fotokatalis berbasis nanoteknologi.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Faza Laili Husna (Biologi), Ikhsanti Maliya (Biologi), Alfin Darari (Fisika), dan Mutiara Hapsari (Kimia).

Sebelum diterapkan ke helm, Faza dan rekan satu timnya telah melakukan tahapan percobaan yang panjang. “Kami membuat larutan fotokatalis dan menguji sifat-sifatnya baru kami terapkan ke helm” papar Faza selaku Ketua Tim, seperti dilansir laman Undip.

Faza menjelaskan cara kerja helm ini yaitu kaca helm yang telah dilapisi dengan fotokatalis akan melepaskan zat superoksida ke bagian dalam helm ketika mendapatkan sinar UV atau sinar matahari. Hal ini membuat wajah pengendara motor terlindungi dari bakteri dan polusi. Selain itu, ketika dilapisi fotokatalis, kaca helm menjadi bersifat anti embun. Fotokatalis dapat mengatasi sifat hidrofilik pada kaca helm sehingga tetesan air yang menempel pada permukaan kaca tidak dalam bentuk droplet.

“Helm ini sudah kami uji anti bakteri, anti polusi dan anti embun jadi untuk kualitas sudah tidak diragukan lagi,” ujar Faza.

HELTIC 3 in 1 merupakan hasil inovasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta. Karya mahasiswa Undip ini akan dilombakan pada PIMNAS ke-28 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara Oktober mendatang. (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *