Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Undip Kenalkan Bahaya Leptospirosis ke Siswa SD
Gerakan Sapirho Mahasiswa Undip Ajak Siswa Sadar Leptospirosis
Mahasiswa Universitas Diponegoro dan siswa MI Nasrul Fajar, Semarang. (Foto: Undip)

Mahasiswa Undip Kenalkan Bahaya Leptospirosis ke Siswa SD

Edupost.id,  Semarang – Lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan Gerakan Anak Sadar Penyakit Leptospirosis (Gerakan Sapirho) dalam rangka menghentikan rantai penularan Penyakit Leptospirosis pada anak usia dini. Kegiatan yang dilakukan dengan metode edukasi atraktif  ini diadakan di MI Nasrul Fajar, Semarang beberapa waktu lalu.

Kelima mahasiswa tersebut terdiri dari Devita Melinda Nugraheni, Istiana Islahul Imaroh, Wegiarti Sikalak, Oktavinta Warits Putri Pratama, dan Grandiz Fairoza Yana. “Kegiatan yang dilakukan selain pendekatan persuasif, adalah pembekalan mengenai leptospirosis, Forum Group Discussion, pemberdayaan siswi dalam penularan ilmu kesehatan mengenai leptospirosis pada taman kanak-kanak di sekitar,” ujar Devita dalam siaran pers.

Devita menambahkan, mereka juga memberikan leaflet, mind map, puzzle, dan kuarted card kepada anak-anak yang berisikan penyakit leptospirosis, serta poster yang berisikan info penyakit leptospirosis. Leptospirosis ini merupakan penyakit yang terutama menyerang anak-anak belasan tahun dan dewasa muda. Sekitar 50% kasus umumnya berumur antara 10-39 tahun.

“Gerakan Sapirho juga bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat kepada anak-anak mengenai penyakit leptospirosis dan penyebabanya, serta upaya pencegahan dan pengendalian yang dapat dilakukan oleh anak-anak melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Rencananya, tutur Devita, kegiatan ini juga disambut baik Kepala MI Nashrul Fajar, Shodiqun. Gerakan tersebut juga tetap dilanjutkan ke depannya sehingga siswa juga dapat berpartisipasi aktif dalam sosialisasi pentingnya pencegahan leptospirosis terutama pada remaja. (Undip/Nisa)

 

Check Also

Undip-Bangun-Pusat-Pengembangan-Inovasi

Undip Bangun Pusat Pengembangan Inovasi

Edupost.id – Universitas Diponegoro (Undip) segera membangun pusat pengembangan inovasi di kampus Pleburan pada 2017 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *