Kamis , 29 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Undip Luncurkan “Oma Yom Tage” untuk Antisipasi Gempa

Mahasiswa Undip Luncurkan “Oma Yom Tage” untuk Antisipasi Gempa

SEMARANG – Gempa berskala 5,0 skala richter yang pernah mengguncang kabupaten Bantul, Yogyakarta masih menyisakan pengalaman yang tidak terlupakan. Korban dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut sangat tinggi. Demi meminimalisir munculnya korban bila bencana kembali terulang, ide Oma Yom Tage (Omah Awet Yo Omah Tahan Gempa) diluncurkan sebagai upaya antisipatif.

Ide ini lahir dari lima mahasiswa jurusan DIII Teknik Sipil dan DIII Desain Arsitektur Universitas Diponegoro (Undip) yang tergabung dalam Tim PKM Pengabdian masyarakat.

Program kerja Oma Yom Tage berbentuk  pendampingan dan pemberian pengetahuan kepada warga dalam bentuk seminar rakyat di Balai Desa Giricahyo. Konten yang disampaikan mengenai konstruksi bangunan tahan gempa, cara membuat rumah yang tahan gempa, dan keunggulannya.

Kelima mahasiswa itu ialah Muhammad Azhar Ariefkha Dani, Zaenal Khafidho, Budicahya Krismanuel, Ryan Camara, dan Ema Hidayati. Program kreatif ini berhasil didanai oleh Dikti untuk mengembangkan program kerjanya. Bahkan, mereka berencana mengikutkan karyanya dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional.

“Target program ini adalah supaya masyarakat di Padukuhan Karangtengah mengetahui pentingnya membangun rumah dengan konstruksi bangunan tahan gempa dan tahu cara mengaplikasinya dalam pembangunan rumah atau gedung,” papar Ketua Tim, Muhammad Azhar.

Program tersebut menititik beratkan pada konstruksi pondasi, lanjutnya, karena pondasi adalah bagian yang paling terpenting dalam sebuah bangunan. “Kami juga telah mensurvey di daerah Padukuhan Karangtengah. Kebanyakan rumah di sini menggunakan pondasi yang tidak standar bangunan tahan gempa,” tuturnya.

Ia berharap, program Oma Yom Tage ini selain bisa mengurangi angka kerusakan rumah akibat gempa bumi juga bisa menciptakan tenaga kerja pertukangan yang ahli dan profesional dalam membangun rumah tahan gempa. (Undip/Ulfa)

Check Also

Beasiswa S2 di Berbagai Universitas Belgia

Edupost.id – Penawaran beasiswa internasional dari Vlir-Uos bagi pelajar di Asia, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *