Selasa , 27 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Undip Olah Susu Kambing dengan Ozon

Mahasiswa Undip Olah Susu Kambing dengan Ozon

SEMARANG – Susu kambing yang memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi dapat digunakan sebagai alternatif pengganti susu sapi. Kurangnya edukasi terhadap para peternak kambing perah menyebabkan kulitas susu yang dihasilkan menjadi kurang baik. Hal ini mendorong empat mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Diponegoro mengembangkan teknologi pengolahan susu kambing dengan menggunakan ozon.

Keempat mahasiswa itu ialah Rin Hafsahtul Asiah, Tatin Suhartatin, Bitorian Richy Ashwido, Muhammad Wahyu.

Penemuan yang dinamai “Ozon For Milk” (OFM) ini berbentuk generator ozon dengan menggunakan teknologi plasma yang bisa meningkatkan kualitas susu kambing Jawa Randu.

Mereka menggunakan teknologi ozon yang memang sangat ampuh membasmi bakteri, virus dan bau sehingga mampu meningkatkan kualitas susu. Pada penelitian ini akan dibuat rancang bangun generator ozon yang dapat menghasilkan ozon dari tegangan tinggi.

Rin Hafsahtul Asiah selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa, generator ozon ini terdiri atas power supply menggunakan alternative current (AC), radio frequency (RF) dan mode pulsa. Elektroda yang digunakan berkonfigurasi silinder-spiral. “Cara kerjanya ialah udara yang dimasukan ke dalam reaktor menggunakan pompa udara aerator kemudian ozon yang dihasilkan dari generator ozon akan dialirkan pada susu Kambing Jawa Randu” paparnya.

Ia menyebutkan bahwa, ozon ini akan membunuh bakteri, kuman dan virus yang terdapat pada susu kambing, sehingga susu kambing Jawa Randu akan memiliki kualitas yang baik yakni tahan lama.

“Lamanya waktu simpan pada susu dapat menimbulkan hal positif bagi perkembangan perekonomian peternak susu kambing, terutama susu kambing Jawa Randu” tuturnya.

Rin meyakini penemuan timnya akan berdampak positif bagi peternakan Indonesia. Ia menambahkan, susu kambing memiliki jumlah kalsium, fosfor, potasium, besi, tembaga, mangan dan selenium yang lebih tinggi dari susu sapi meskipun seng dan natrium dalam jumlah yang sebanding. Susu kambing juga berkhasiat menyembuhkan penyakit TBC, diare, meningkatkan vitalitas bagi pria. (Undip/IK-SS)

Check Also

Rahasia Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin

Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin, Ini Rahasianya

Edupost.id – Pada sejumlah spesies reptil, perubahan suhu dapat menyebabkan pergantian jenis kelamin. Hal itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *