Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Gabungkan Tas Batik dan Kelom Jadi “Kennedy”

Mahasiswa Unpad Gabungkan Tas Batik dan Kelom Jadi “Kennedy”

BANDUNG – Tim mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) berniat mempopulerkan kelom di masyarakat, terutama perempuan muda. Karen aitu, mereka menggabungkan dua produk kerajinan tangan asal Tasikmalaya, yakni tas batik dan kelom menjadi satu yang dinamai Kennedy. Nama “Kennedy” sendiri merupakan akronim dari “Kelom Trendi”.

Tim mahasiswa Unpad itu terdiri dari Mutia Rahmi (prodi Ilmu Perpustakaan) dan beranggotakan Ria Kartika (prodi Manajemen Komunikasi), Annisa Fadhillah (prodi Manajemen Komunikasi), dan Renawati (prodi Kesejahteraan Sosial).

“Kelom itu kami lihat masih terbatas penggunaannya, dan banyak orang yang tidak ‘pede’ memakainya karena bunyi. Dengan adanya tas dan kelom ini kelom bukan hanya sebagai sendal tapi bisa sebagai tas,” tutur Ria.

Tim Unpad itu bermitra dengan perajin kelom di Tasikmalaya. Produk ini menggunakan bahan kulit sapi asli maupun kulit sintetis untuk bahan tasnya. Mereka juga memasukkan beberapa motif batik. Sementara, kelom sendiri terbuat dari kayu mahoni.

Sejak pertama diluncurkan pada Maret lalu, produk Kennedy mampu bersaing dan terjual sebanyak 68 buah. Produk ini juga laku dijual hingga negara Malaysia. “Kita berjualan secara online dan dari beberapa pameran. Gubernur Jabar (Ahmad Heryawan) pun pernah mengapresiasi produk kami,” ujar Ria.

Karya tim Unpad ini dipertandingkan di Pimnas dengan nama kelompok “Kennedy: Upaya Meningkatkan Kapasitas Usaha Kecil pada Produk Kelom Menjadi Tas Berciri Etnis di Indonesia”. Selain mematangkan konsep presentasi, penampilan, dan poster, keempatnya juga mematangkan segi marketing dari “Kennedy”.

Medali emas tetap menjadi target utama kelompok tersebut. Mutia mengungkapkan, dengan sering mengikuti di berbagai pameran berskala nasional menjadi kekuatan pendukung bagi kelompok Kennedy. (Unpad/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *