Selasa , 28 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Juarai Kompetisi Internasional di Jerman
Mahasiswa-Unpad-juarai-kompetisi-internasional-di-jerman
Mahasiswa Unpad Juarai Kompetisi Internasional di Jerman (foto: Unpad)

Mahasiswa Unpad Juarai Kompetisi Internasional di Jerman

Edupost.id – Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Raissa Indiwina, berhasil menjuarai kompetisi internasional “Global Ceram-X Case Contest 2015 – 2016”. Di ajang yang digelar di Konstanz, Jerman ini Raissa berhasil meraih juara pertama setelah mempresentasikan hasil analisis studi kasusnya terkait proses penambalan diastema (celah di antara dua gigi).

Tindakan yang dilakukan berupa menambal celah di antara gigi dengan menggunakan tambalan yang merupakan produk dari Dentsply, lalu dibentuk ulang agar gigi terlihat rapi. Ia menangani kasus tersebut selama sebulan. Setiap tahapannya kemudian ia dokumentasikan serta dibuat dalam bentuk poster dan laporan.

Sebelum masuk ke tahap internasional, Raissa terpilih menjadi wakil nasional yang mengikuti seleksi tingkat Asia di Hongkong, November 2015 lalu. Di ajang itu, Raissa menjadi juara pertama dan terpilih bersama dua peserta lain dari Malaysia dan Taiwan untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional di Jerman.

Ada dua kategori lomba yang digelar dalam kompetisi tersebut, lanjutnya, yaitu restorasi dan endodontis. Ia sendiri mengikuti kompetisi di kategori restorasi. Di tingkat internasional, Raissa kemudian mempresentasikan laporan kasusnya di hadapan tiga juri yang terdiri dari perwakilan pihak Dentsply, pakar restorasi gigi dari Amerika dan Italia, serta peserta dari 13 negara.

Menurut Raissa, ada beberapa kriteria penilaian yang diajukan Dentsply, yaitu kualitas foto, spesialisasi kasus yang dikerjakan, kesulitan penanganan, kesesuaian tindakan dengan prosedur yang sudah ditetapkan, hingga kesesuaian urutan kerja.

Raissa mengaku, penanganan kasus estetik ini merupakan kasus pertamanya. “Dengan mengikuti lomba ini saya bisa belajar per tahapan. Di setiap tahap, saya selalu belajar,” pungkasnya. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Mahasiswa Unpad Wakili Indonesia di Sidang PBB

Mahasiswa Unpad Wakili Indonesia di Sidang PBB

Edupost.id – Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *