Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Kreasikan Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung
Mahasiswa-Unpad-Kreasikan-Kerajinan-Tangan-dari-Kulit-Jagung
Mahasiswa Unpad Kreasikan Kerajinan Tangan dari kulit jagung (foto: Unpad)

Mahasiswa Unpad Kreasikan Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung

Edupost.id – Kulit jagung yang umumnya hanya dibuang begitu saja ternyata mampu diolah menjadi produk bernilai tinggi. Di tangan empat mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), limbah kulit jagung dikreasikan menjadi kerajinan tangan motif Jawa Barat, yang dinamai Ketapel Kujang.

Keempat mahasiswa itu yakni Iip Hanifah (Fisika 2014), Resti Ayu Widyarini (Fisika 2014), M. Rizky Ridwansyah (Kimia 2014), dan Yoga Jati Pratama (Teknologi Pangan 2014). “Ketapel Kujang Motif Jawa Barat”.

Ketapel Kujang merupakan singkatan dari Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung. Ciri khas dari produk mereka adalah adanya motif batik khas Jawa Barat di setiap produknya dengan teknik airbrush.

“Keunggulan dari produk ini, yang pertama bahannya mudah didapat. Yang kedua, kita benar-benar memanfaatkan limbah untuk dijadikan yang lebih bermanfaat,” ujar Iip.

Untuk membuat produk hasil olahan limbah kulit jagung ini, ada beberapa proses yang harus mereka lalui mulai dari merebus hingga membuat pola. Setelah pola jadi, proses selanjutnya adalah menjahit dan menambahkan pola batik yang dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah penjahit dan seniman airbrush.

Penambahan motif batik khas Jawa Barat, lanjutnya, merupakan sarana mereka untuk lebih memperkenalkan motif-motif ini kepada konsumennya sebagai ajang pelestarian budaya. “Generasi muda di Indonesia banyak yang tidak mengenal  budayanya sendiri. Meski mereka tinggal di Jawa Barat, belum tentu mereka tahu batik Jawa Barat itu seperti apa,” terang Iip.

Melalui Ketapel Kujang ini, Iip dan tim pun ingin membawa manfaat lebih bagi para petani jagung dengan mengolah limbahnya. Selain itu, mereka ingin menyadarkan masyarakat pentingnya mengelola sampah sebagai gerakan cinta lingkungan. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Universitas Padjajaran (unpad)

Dua Peneliti Unpad Raih Prestasi di Kancah Internasional

Edupost.id – Dua peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih prestasi di kancah internasional. Dua peneliti tersebut yaitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *