Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Olah Bengkuang Jadi “Abang Kuat”

Mahasiswa Unpad Olah Bengkuang Jadi “Abang Kuat”

BANDUNG – Bengkuang (pachyrhizus erosus) tidak hanya dijadikan sebagai bahan dalam makanan rujak/asinan namun juga sebagai bahan baku kosmetik. Tim mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) berhasil mengolah abon yang terbuat dari bengkuang yang dinamai “Abang Kuat” atau “Abon Bengkuang Kudapan Sehat”.

Tim mahasiswa tersebut ialah Rhaditia Kurnia Asyuri, Hadios Saputra, Vita Meilani, dan Zeri Raihanati. Awal pembuatan kudapan ini ditujukan bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa yang tinggal di kost. Biasanya mereka butuh makanan instan, abon ini adalah salah satu alternatif kudapan sehat.

Ide pengolahan bengkuang menjadi abon ini datang dari Hadios. Pemilihan bengkuang didasarkan pada karakteristik daging bengkuang yang tebal, sehingga mudah direcah menjadi abon. Selain itu, di Indonesia sendiri, olahan abon dari bengkuang belum pernah dilakukan.

Cara pembuatan abon ini cukup sederhana. Bengkuang dikupas lalu dijemur untuk menghilangkan kadar airnya. Setelah itu, abon kemudian dimasak sesuai dengan resep pembuatannya. Selesai dimasak, abon kemudian ditiriskan dengan mesin spinner untuk menghilangkan kadar minyaknya. Di tahap akhir, abon hasil tirisan dikemas dengan mesin sealer.

Ada dua kemasan dari Abang Kuat ini, yaitu kemasan sachet dan kemasan kaleng. Mereka mematok harga dua ribu rupiah untuk kemasan sachet dan dua puluh ribu rupiah untuk kemasan kaleng.

Produk ini sudah dipasarkan hingga wilayah Padang dan Jambi. Radhitia mengungkapkan, banyak apresiasi positif dari para pembeli. Bahkan, pembeli pun menyarankan untuk menambah varian rasa dari abon tersebut.

Karya tim ini lolos untuk maju di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Halu Oleo (UHO), 5 – 9 Oktober mendatang. (Unpad/IK-SS)

Check Also

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Edupost.id – Enam pelajar Indonesia berhasil meraih empat medali emas dalam Kejuaran Karate The 31st Coupe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *