Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Olah Kacang Koro Jadi Minuman Anti Kolesterol

Mahasiswa Unpad Olah Kacang Koro Jadi Minuman Anti Kolesterol

BANDUNG – Tanaman kacang koro pedang memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah dapat dibudidaya dengan mudah dan memiliki serat tinggi. Dengan menjadikannya sebagai minuman sinbiotik, dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang menginginkan minuman sehat namun rendah lemak hewani. Tim mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad telah berhasil membuktikan efektivitas minuman sinbiotik kacang koro pedang sebagai antikolesterol.

Penelitian tim tersebut merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM – PE) yang berjudul “Pengujian Efektivitas Serbuk Minuman Sinbiotik Kacang Koro Pedang Hasil Freeze Drying dalam Peningkatan Kolesterol”.

Tim mahasiswa Unpad tersebut terdiri dari dari Hera Liana, Sylvia Harnah, Bongsu Simanjuntak, dan Lukman, dibawah bimbingan Nandi Sukri.

Hera menjelaskan, minuman sinbiotik ini sangat baik untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk memperlancar pencernaan dan sebagai anti kolesterol. Sinbiotik merupakan gabungan dari probiotik (mengandung bakteri baik) dan prebiotik (mengandung nutrisi bagi si bakteri baik).

Tim itu mengolah minuman kacang koro ini menjadi serbuk. Dalam proses pengeringan, mereka menggunakan freeze dryer, dimana minuman dibekukan hingga kering. Proses pengeringan ini pun menjadi nilai unggul tersendiri dari minuman ini, karena minuman serbuk yang saat ini beredar lebih banyak melalui pemanasan.

Mereka berharap penelitian yang mereka lakukan ini dapat terus dikembangkan, terutama dalam pengujian minuman ini secara in vivo. Selain itu, diharapkan kedepannya minuman ini dapat berkembang ke arah komersil.

Untuk berlaga di Pimnas ke- 28 mendatang, mereka mengaku sudah mempersiapkan diri dan bertekad akan berusaha maksimal agar dapat mengharumkan nama almamater. (UNPAD/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *