Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Sulap Jeans Bekas Jadi Tas Keren
Mahasiswa-Unpad-sulap-jeans-bekas-jadi-tas
Mahasiswa Unpad sulap jeans bekas jadi tas (foto: Unpad)

Mahasiswa Unpad Sulap Jeans Bekas Jadi Tas Keren

Edupost.id – Umumnya, celana jeans bekas hanya dibuang begitu saja. Namun di tangan enam mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran ini, jeans bekas disulap menjadi tas dengan nama dagang “Kumble Store”.

Keenam mahasiswa itu yakni Yana Safitri, Elmaghfira Putri Elika, Mutiara Mardina, Ramadhani Arya Putra, Vania Kemala Hastuti, dan Salsabila Wahyu Hadianti. Berbeda dengan tas jeans lainnya, mereka menambahkan motif khas nusantara pada produknya.

“Kami adalah social green enterpise, konsepnya adalah recycling. Jadi mengubah jeans tidak terpakai atau bekas menjadi tas dengan variasi yang beragam. Model kita juga sangat kreatif dengan beragam bentuk,” terang Yana.

Baca juga: Unpad Raih Juara Umum Jambore Ilmu Tanah Indonesia

Mereka juga menerima jika ada konsumen yang ingin memesan tas dengan model sesuai keinginan konsumen. Adapun celana jeans bekas yang digunakan, dapat berasal dari konsumen itu sendiri atau berasal dari celana jeans bekas yang disediakan Kumble Store. Kumble Store pun membuka kesempatan kepada mereka yang ingin menjadi relawan penyumbang jeans bekas.

Kumble store lebih mengedepankan benefit daripada profit. Menurut mereka, jika dibuang, limbah celana jeans bekas memiliki waktu peleburan yang cukup lama. Berangkat dari gagasan cinta lingkungan, mereka pun menginginkan celana jeans bekas ini dapat diolah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan kembali.

“Kalau dibuang begitu saja, peleburannya lama, dan dapat menimbulkan pencemaran,” ujar Mutiara.

Selain atas dasar cinta lingkungan, mereka berusaha memberdayakan pemuda di Desa Rancabawang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Pemuda di desa tersebut diberdayakan sebagai penjahit di Kumble Store. (Unpad/IK-SS)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *