Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa Unpad Ubah Limbah Daun Jadi Aneka Kerajinan Batik

Mahasiswa Unpad Ubah Limbah Daun Jadi Aneka Kerajinan Batik

BANDUNG – Tim mahasiswa Unpad mengkreasikan limbah daun yang dipola pada media kerajinan tangan. Tim tersebut tergabung dalam kelompok PKMK “Kerabat Ulin Cantik”, Kreasi Hebat dan Unik Limbah Daun Cap Batik. Berbagai kerajinan tangan bermotif batik sudah dikreasikan melalui limbah daun ini, diantaranya; binder, pigura, tempat alat tulis, hingga hiasan lampu.

Tim mahasiswa tersebut terdiri dari Chandra Tirta, Toni Cahyono, Ryan Prasetya (Fisika FMIPA),serta Kadek Dwi Wahyuni, dan Inggil Sholata Sya (Fakultas Psikologi).

Chandra, ketua kelompok menyebutkan, ide awal penggunaan media daun ini didasarkan pada banyaknya limbah daun yang berserakan di jalan kampus Unpad.

Agar berbeda dengan kerajinan tangan lainnya, limbah daun tersebut dipola menjadi motif batik. Mereka memilih motif batik Mega Mendung Cirebon sebagai polanya.

Meskipun tampak sederhana, proses pembuatan motif batik ini cukup rumit dan detail. Tim ini bekerja sama dengan perajin asal Gianyar, Bali, untuk membuat produknya.

Limbah daun yang dipakai berasal dari daun kupu-kupu, jagung, dan pisang. Ketiga jenis daun tersebut memiliki struktur yang lebar sehingga lebih mudah dipola. Daun pun ditempel oleh lem perekat berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan motif batiknya.

Sejak diluncurkan pada Mei lalu, produknya sudah dipasarkan ke beberapa wilayah baik secara online maupun pada berbagai pameran. Produk ini juga yang mengantarkan tim ini menjadi delegasi Pimnas ke-28. (Unpad/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *