Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Promosikan Kuliner Solo
Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Promosikan Kuliner Solo

Edupost.id, Solo – Demi mempromosikan kuliner Solo, mahasiswa FMIPA UNS menciptakan aplikasi berbasis android yang dinamai Mangan (Mobile Pangan). Aplikasi ini meraih penghargaan dalam Mobile App Contest kategori pariwisata.

Mereka adalah Hamzah Abdullah, Amelia Rahman dan Ely Desyanawati. Hamzah menjelaskan, mereka melakukan survei kecil dan kesimpulannya ialah banyak responden yang mencari informasi seputar kuliner Solo dengan memanfaatkan media sosial.

Prototype Mangan yang diikutkan pada Mobile App Contest dalam Global Challenge 2016 ini merupakan versi kedua. Aplikasi Mangan ini mengalami perubahan konsep awal yakni dari pesan antar makanan menjadi portal informasi dengan fitur tambahan pesan antar makanan.

Pada versi pertama, Hamzah mengakui tantangan terberat adalah berhadapan langsung dengan penyedia jasa antar makanan yang sudah populer di masyarakat. Apalagi penyedia jasa layanan tersebut sudah merambah Kota Solo. Penyesuaian konsep juga dilakukan Hamzah dan tim agar aplikasi bikinannya bisa masuk kategori pariwisata dalam Mobile App Contest.

Mangan menyuguhkan informasi seputar kuliner dengan berbagai kategori seperti tempat terdekat dan yang paling sering dikunjungi. Tim Mangan yakin cara ini mampu mempromosikan semua tempat kuliner di Solo. Pengguna aplikasi Mangan bisa memesan makanan dengan fitur Pesan Antar Makanan atau minta diantar ke tempat kuliner yang diingini dengan fitur Pick Me.

Tim Mangan mendapat dana pengembangan aplikasi sebesar 25 juta rupiah dan trip ke pengembang aplikasi mobile di Singapura. Dalam proses penyelesaian aplikasi, para pemenang Mobile App Contest mendapat mentoring dari tim ahli. (UNS/ IK-SS)

Check Also

Antisipasi Banjir, Dosen UNS Kembangkan Smart Fews

Antisipasi Banjir, Dosen UNS Kembangkan Smart Fews

Edupost.id – Demi mengantisipasi banjir, dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Mohtar Yunianto mengembangkan SMART FEWS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *