Selasa , 27 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNS Raih Juara II Riset Sawit
Mahasiswa UNS Raih Juara II Riset Sawit
Mahasiswa UNS Raih Juara II Riset Sawit (foto: UNS)

Mahasiswa UNS Raih Juara II Riset Sawit

Edupost.ID- Tim Mahasiswa Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta, berhasil meraih juara II dalam Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) International Conventional Convention Centre beberapa pekan lalu.

Acara diadakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit BPDP-KS. Riset mengangkat tema tentang pemanfaatan limbah tandan kelapa sawit untuk penanganan limbah zat warna industri pabrik. Dengan beranggotakan Marta Nauqinida, Kurnia, dan Septi Pujiasih, tim UNS sukses mengalahkan 360 pendaftar lainnya.

Menurut Marta, “Pernah ada berita zat warna yang langsung dibuang akan mengakibatkan sungai tercemar. Sesuai dengan tema riset tentang kelapa sawit, kita olah limbah kelapa sawit yang jarang digunakan itu untuk menjerat limbah zat warna pabrik,”ujar Marta.

Dalam Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa ini, UNS menerjunkan empat tim. Tiga diantaranya berasal dari Program Studi (Prodi) Kimia MIPA UNS. Sedangkan sisanya berasal dari Prodi Pendidikan Kimia FKIP UNS.

Pekan Riset Sawit Indonesia merupakan sarana untuk mempertemukan peneliti dengan pelaku di industri sawit. Dalam acara tersebut, dilangsungkan berbagai kegiatan yaitu seminar dan pameran hasil riset GRS K15, Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa 2016, dan berbagai workshop tentang sawit.

Kegiatan Pekan Riset Sawit ini kolaborasi antara pemerintah, industri, lembaga penelitian atau perguruan tinggi dan seluruh pemangku kepentingan dapat terjalin untuk mewujudkan industri kelapa sawit Indonesia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. (Inan)

 

Check Also

Bukti Mahasiswa Teknik ITS Berkiprah di Pertanian

Bukti Mahasiswa Teknik ITS Berkiprah di Pertanian

Edupost.ID- Mahasiswa D3 Departemen Teknik Instrumentasi, Eka Wahyu Prasojo mampu membuat tanaman melakukan fotosintesis sehari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *