Rabu , 13 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi untuk Sinopsis dan Review Buku

Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi untuk Sinopsis dan Review Buku

YOGYAKARTA- Perkembangan teknologi yang kian maju saat ini bisa dimanfaatkan untuk membantu aktivitas manusia. Bahkan, kecanggihan teknologi bisa dipadukan dengan aktivitas literasi. Hal inilah yang menginspirasi dua mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan aplikasi yang membantu seseorang mengetahui kualitas dan konten suatu buku.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika UNY itu Meganingtyas dan Eka Legya Frannita. Mereka membuat sebuah aplikasi untuk review dan synopsis buku.  Aplikasi itu dilatarbelakangi dari seringnya menemui kesulitan untuk mengetahui isi buku dan review buku saat akan membaca atau membeli buku.

“Kita sering merasa kesulitan ketika harus mencari buku yang  dibutuhkan. Kadang harus mencari di internet, atau komputer data di took buku.Itu pun belum tentu tahu isi buku jika buku masih disegel. Kami membuat aplikasi Bookist agar memudahkan pengguna mengetahui isi buku, bisa berupa synopsis maupun review buku,” papar Eka, dilansir laman UNY.

Aplikasi yang diberi nama bookist tersebut menggunakan Teknologi Augmented Reality atau biasa disebut AR. Teknologi AR  merupakan gabungan dari objek virtual dan objek nyata, yang bersifat interaktif atau animasi 3D.

Dengan Bookist, pengguna tinggal menyorotkan smartphone ke cover buku atau katalog buku. Kemudian aplikasi ini akan menampilkan sinopsis atau review buku baik berupa video maupun tulisan.

“Saat ini kami sedang mengembangkan fitur penjualan. Jadi setelah mengetahui sinopsis atau review buku, pengguna bisa membeli langsung dari perangkat mobilenya.”

Disain aplikasi Bookist ini pernah meraih juara 1 pada Lomba Rancangan Perangkat Lunak di Universitas Kristen SatyaWacana pada bulan Maret 2014 lalu. (IT/LL)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *