Kamis , 24 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Ciptakan Biogas dari Kotoran Sapi
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mahasiswa UNY Ciptakan Biogas dari Kotoran Sapi

Edupost.id – Mahasiswa Prodi Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan biogas atau bioslurry dari kotoran sapi. Instalasi tersebut dikembangkan sebagai sumber energi terbarukan.

Mahasiswa UNY tersebut terdiri dari Muhammad Hanafi (Prodi Kebijakan Pendidikan), Muhibbul (Teknologi Pendidikan), Anisa Anggraeni, Cici Nurmaidha Tanjung, dan Rian Nurhasanah.

Temuan mereka ini sudah diujicobakan di Dusun Sambeng II, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Hanafi menjelaskan, instalasi biogas yang dibuat memiliki digester dengan ukuran 4m3 ini mampu menghasilkan gas metan sebanyak 0,8-1,6 m3 dan bioslurry sebanyak 20-40 liter. Saat ini gas metan yang dihasilkan sudah digunakan untuk memasak di rumah warga.

Anisa menerangkan, bioslurry yang dihasilkan sudah digunakan sebagai pupuk cair pada taman vertikultur yang ditanami tanaman sayur seperti kangkung, bayam cabut, bayam merah, cabai, tomat, terong, dan kenikir. Tanaman ditanam secara vertikultur menggunakan botol air mineral bekas ukuran 1500 ml serta paralon yang diposisikan secara vertikal.

Nisa menambahkan, hasil analisis ekonomi penggunaan biogas dibandingkan dengan LPG, minyak tanah, dan kayu bakar sebagai bahan bakar menunjukkan bahwa penggunaan biogas dapat menghemat biaya per unitnya untuk LPG, minyak tanah dan kayu bakar.

Bioslurry mengandung nutrisi makro dan mikro yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Nutrisi makro yang terkandung dalam bioslurry adalah Nitrogen (N), Phosphor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan Sulfur (S).

Sementara itu, nutrisi  mikro yang terkandung dalam bioslurry adalah Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), dan Seng (Zn). Kandungan nutrisi bioslurry terutama nitrogen (N) lebih baik dibandingkan pupuk kandang/ kompos atau kotoran segar. Nitrogen (N) dalam bioslurry lebih banyak dan mudah diserap tanaman.  (UNY/IK-SS)

 

Check Also

5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill

5.467 Maba UNY Ikuti Pembinaan Soft Skill

Edupost.id – Sebanyak 5.467 mahasiswa baru dari seluruh fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengikuti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *