Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Mitigasi Anak SD
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Mitigasi Anak SD

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan inovasi media pembelajaran mitigasi bencana berbasis kearifan lokal bagi siswa Sekolah Dasar yang diberi nama Disaster Mitigation Pop-Up Book (Dimipobo). Karya ini akhirnya dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Penulisan Kreativitas Masyarakat (PKM) Tingkat Nasional Tahun 2017 untuk kategori mahasiswa dan umum.

Tim ini beranggotakan empat mahasiswa dari dua jurusan di UNY. Mereka adalah Yuli Widiyatmoko, Ika Vebrianti, dan Nuhnia Reny Pertiwi (Pendidikan Geografi, 2015) serta Bagus Wibowo (Pendidikan IPA, 2014).

Yuli Widiyatmoko selaku ketua tim menuturkan bahwa Dimipobo merupakan solusi yang kreatif dan menarik guna meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar mengenai mitigasi bencana. Hal tersebut diwujudkan melalui proses analisis yang mendalam guna memahami pokok permasalahan serta potensi yang ada di Indonesia.

“Sasaran utama Dimipobo adalah siswa sekolah dasar. Hal itulah yang menjadi landasan bagi kami untuk menciptakan media pembelajaran ini sedemikian rupa, sehingga harapannya materi mengenai mitigasi bencana dapat lebih mudah dipahami oleh adik-adik,” jelasnya.

Dikatakan Yuli, Indonesia merupakan negara yang memiliki kondisi geologis dan geografis yang begitu rentan terhadap bencana alam. Kondisi tersebut mengakibatkan pentingnya kesiapsiagaan dalam diri masyarakat Indonesia terkait mitigasi bencana alam.

Program edukasi mitigasi bencana yang disediakan bagi pelajar sekolah hanya Sekolah Siaga Bencana (SSB). Sayangnya, penerapan program SSB tidak menyeluruh di semua sekolah serta dokumen risiko bencana yang tidak menarik bagi siswa sekolah dasar. Hal inilah yang mendasari Yuli dan timnya mencetuskan Dimipobo.

Yuli berharap, penelitian ini dapat terus berlanjut sehingga senantiasa ada perbaikan dari berbagai sisi. Ia juga berharap nantinya Dimipobo dapat menghimpun seluruh kearifan lokal mitigasi bencana di Indonesia sehingga Dimipobo memiliki edisi untuk setiap provinsi di Indonesia.

Hal tersebut selain akan membuat materi menjadi lebih mudah diterima oleh siswa sekolah dasar di masing-masing daerah, juga sekaligus mengenalkan berbagai kearifan lokal mitigasi bencana di Indonesia.

Pada kompetisi ini, UNY harus bersaing dengan para peneliti muda dari UGM, ITB, IPB, UNDIP, UNNES, UB, dan kampus-kampus lain di Indonesia serta masyarakat umum. Selain mendapatkan juara 1 (satu) melalui tim Dimipobo, Universitas Negeri Yogyakarta juga terpilih sebagai Juara 2 kampus Favorit dalam perlombaan tersebut. (Andi)

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *